Bank BRI Meluncurkan Website Pasar

Infobekasi.co.id – Bank BRI meluncurkan website pasar untu mendukung para pedagang tetap aktif berjualan meski dalam kondisi pandemi Covid 19. Melalui laman pasar.id, pelanggan akan dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus ke pasar bertatap muka, sehingga terhindari dari risiko penularan virus corona.

Peluncuran website pasar dilakukan oleh Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Hendro Padmono, Wakil Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Dewi, Pemimpin BRI Kantor Cabang Bekasi Juanda Anang Subagyo, bersama pengelola pasar dan perwakilan pedagang.

Pengenalan program digitalisasi pedagang pasar ini berlangsung di Kantor Teras BRI Pasar Baru Bekasi, Kamis (3/12).

Menurut Hendro Padmono website pasar dihadirkan atas inspirasi BRI dalam mengatasi salah satu problematika adanya wabah Covid-19 ataupun kondisi darurat lainnya.

Di masa pandemi saat ini misalnya, kata dia, masyarakat harus disiplin protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Antara lain tidak sering keluar rumah karena berisiko terpapar virus Corona.

Begitu pula aktivitas di luar rumah, pun tak luput dari pembatasan. Ini merujuk pada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum lama ini.

“Dari kondisi itu kami berusaha bagaimana pedagang masih bisa jualan dan pelanggan masih bisa mendapatkan barang dengan prokes tetap terjaga,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima infobekasi.co.id, Jumat (4/12).

Karena itu, pihaknya menciptakan sebuah inovasi dalam bentuk digital. “Kita ciptakan website pasar untuk mempertemukan pembeli dan penjual di dunia maya (virtual) atau tanpa tatap muka,” ungkap Hendro.

Selain itu, website pasar dihadirkan sebagai literasi untuk pembayaran secara digital. Sehingga dapat menjamin terhindar dari risiko mendapatkan uang palsu seperti pembayaran tunai. Pedagang juga tidak perlu repot menyediakan uang pecahan kecil untuk kembalian. Demikian bagi pembeli, tak perlu khawatir kurang kembalian karena belanjaan dibayar dengan tepat melalui transfer.

“Contoh misal belanjaan Rp97 ribu, uang Rp100 ribu itu kadang-kadang Rp3 ribu tidak ada kembalian. Kalau digital tulis aja Rp97 ribu, lalu transfer. Jadi, pedagang menerima untung, pembeli membayar secara utuh tanpa harus takut enggak ada kembalian. Pedagang tidak ada kewajiban menyediakan uang kecil untuk kembalian,” paparnya.

Tak hanya itu, website pasar mampu menciptakan pelanggan baru para pedagang. Sebab, melalui daring ini pembeli dapat berasal dari berbagai wilayah. Hendro berpesan agar para pedagang mampu menjaga kepercayaan para pembeli. “Harus mengutamakan kualitas, agar pelanggan bisa terus kembali belanja di tempat bapak dan ibu,” ujarnya.

Keberadaan website pasar tidak hanya menguntungkan pedagang dan pembeli, tetapi juga membuka peluang lapangan kerja. Sebab, memanfaatkan tukang ojek sebagai kurir pengantar pesanan pembeli.

Kepala Unit Pasar Baru Bekasi Sofyan Ridwan mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kehadiran website pasar ini. “Kami mendukung, website ini membantu pedagang berjualan,” ungkap Ridwan.

Sejak diperkenalkan lima bulan lalu, hingga saat ini terdapat 60 dari 980 pedagang Pasar Baru Bekasi bergabung di website pasar. Pedagang lain yang ingin bergabung dapat mendatangi kantor BRI terdekat.

Alur Belanja Melalui Website Pasar.id

  1. Buka website https://pasar.id/
  2. Pilih pasar (Contoh: Pasar Baru Bekasi)
  3. Klik gambar pedagang, akan langsung terhubung ke chat Whatsapp admin
  4. Secara otomatis admin akan menyapa pembeli untuk meminta informasi nama pemesan, alamat, petunjuk alamat, nomor handphone, pesanan. Tercantum juga nomor rekening BRI untuk transfer pembayaran
  5. Admin meneruskan informasi pesanan pembeli dan mengkonfirmasi total biaya pesanan ke pedagang
  6. Pembeli transfer pembayaran ke admin
  7. Admin meneruskan pembayaran pesanan pembeli ke pedagang
  8. Pedagang menyiapkan pesanan pembeli
  9. Kurir akan mengantar pesanan ke alamat rumah pembeli

 

Website Pasar BRI di Bekasi

  1. https://s.id/PasarBabelanBekasi
  2. https://s.id/PasarTanahMerah
  3. https://s.id/PasarBaruBekasi
  4. https://s.id/PasarFamily
  5. https://s.id/PasarJamblang
  6. https://s.id/PasarVillaMutiaraGading
  7. https://s.id/PasarPoncolBekasi
  8. https://s.id/PasarBaruKranji
  9. https://s.id/PasarBantargebang
  10. https://s.id/PasarSeroja
  11. https://s.id/pasar-ampera-bekasi
  12. https://s.id/pasar-pondok-ungu-permai
  13. https://s.id/PasarRawabebek
  14. https://s.id/PasarRawaLumbu
  15. https://s.id/PasarBojong
  16. https://s.id/PasarWismaAsri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini