Sejarah Rawalumbu Sampai Menjadi Kecamatan di Kota Bekasi

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi resmi memekarkan wilayah Kecamatan Bekasi Timur menjadi dua kecamatan. Kecamatan baru berdasarkan peratudan daerah nomor 14 tahun 2000 itu adalah Rawalumbu.

Kecamatan Rawalumbu memiliki luas wilayah sekitar 1500 hektar. Terbagi menjadi empat kelurahan: Masing-masing Bojongmenteng, Bojongrawalumbu, Pengasinan dan Sepanjangjaya.

Dilansir dari instagram @kotabekasikeren, mulanya daerah paling terkenal di sana adalah Kampung Rawarokok. Sebab, di sana ditemukan tanaman tembakau, sebagai bahan dasar untuk membuat rokok.

Seiring berkembangnya pembangunan infrastuktur seperti Tol Jakarta-Cikampek yang dibangun pada tahun 80-an, perpindahan penduduk semakin masih ke Bekasi. Di Rawalumbu kemudian berdiri sejumlah permukiman besar. Ada Taman Narogong Indah, Perumahan Bumi Bekasi Baru, Pondok Hijau Permai dan lainnya.

Adapun penamaan Rawalumbu awalnya terdiri dari dua suku kata. Rawa yang berarti rawa-rawa atau sebuah lahan terdapat genangan yang terus-menerus. Sementara Lumbu adalah sebutan makhluk halus. Konon ada pengembala hewan tiba-tiba hilang. Isu yang beredar dibawa lumbu. Sejak itu wilayah ini disebut Rawalumbu.

Setelah resmi menjadi kecamatan, dua suku kata itu sekarang menjadi satu suku kata: Rawalumbu.

(fiz/kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here