Sebelum Larangan Mudik, Bekasi Siapkan Kebijakan SIKM

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi dalam waktu dekat tengah mempersiapkan untuk kebijakan surat izin keluar masuk (SIKM) menyusul dengan diberlakukannya pelarangan mudik lebaran 2021 yang diterapkan pemerintah pusat.

“Kita ada pemberlakuan untuk SIKM, kita sedang mempersiapkannya,” ucap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat ditemui infobekasi.co.id di Stadion Patriot Chandrabaga, Rabu (21/04).

Rahmat menjelaskan, sebelum diberlakukan itu, pihaknya lebih dulu melakukan pengkajian melibatkan semua unsur. Seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bekasi (Forkompinda).

“Pintu pintunya paling kita perbatasan kota bekasi dan kabupaten bekasi terus ini yang keluar kesana ya (keluar dari Kota Bekasi),” jelasnya.

Dia melanjutkan, adapun nantinya apabila SIKM tersebut sudah diberlakukan, maka bisa berlaku bagi warga yang berasal dari luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Tapi, ketika pelarangan mudik berlaku, maka SIKM tak lagi berlaku untuk penduduk di regional Jakarta.

“Sedang digodok oleh temen temen dishub,” tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Pusat sebelumnya mengumumkan pelarangan mudik lebaran 2021 pada tanggal 6-17 Mei. Warga juga diimbau tidak bepergian keluar daerah sebelum dan sesudah tanggal tersebut demi mencegah penyebaran Covid-19.

Dengan pelarang tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini