Pemerintah Bekasi Terbitkan Panduan Salat Idul Fitri

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi menerbitkan surat edaran terkait panduan tentang pelaksanaan Saalat Idul Fitri 1442 Hijriah. Panduan itu termaktub di dalam surat nomor 451/2922 – SETDA.Kessos tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di Masa Pandemi Wabah Covid-19.

“Dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan COVID-19 semakin negatif (mengalami peningkatan) berdasarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk seluruh wilayah negeri atau pemerintah daerah di daerahnya masing-masing,” ucap dia melalui surat edaran tersebut, Senin (03/05).

Rahmat menjelaskan, kemudian untuk Sholat Idul Fitri hanya dapat dilakukan bagi wilayah yang wilayahnya sudah dinyatakan zona hijau dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Serta jarak antar jamaah sekitar 60 sentimeter dan bagi wilayah yang masih dinyatakan zona kuning boleh dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan lebih ketat, jarak antar jamaah 120 sentimeter dengan menunjuk Tim petugas untuk memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Ia melanjutkan, adapun untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri nanti, pihak Masjid dihimbau untuk tidak mengundang Imam dan Khotib dari luar daerah.

“Tetapi menugaskan untuk para guru agama dan Da’i setempat dengan penyampaian ceramah dan dakwah yang bisa merekatkan rasa kesatuan dan persatuan antar umat,” ungkapnya.

Rahmat menerangkan, sedangkan untuk semua panduan yang dikeluarkan, nantinya bagi panduan tersebut dapat diabaikan oleh masyarakat apabila pada saatnya telah diterbitkan pernyataan resmi dari Pemerintah Pusat.

“Mengenai seluruh wilayah negeri atau Pemerintah Daerah masing-masing, yang menyatakan keadaan telah aman dari
Covid-19,” tutupnya.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini