Pemkot Bekasi Akan Pindahkan Makam Terkubur Sampah

Infobekasi.co.id – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi menyampaikan proses pemindahan makam yang terkubur sampah di TPA Sumur Batu rampung akhir bulan ini.

“Untuk target pemindahan jenazah, Bulan ini seharusnya sudah bisa selesai,” ucap Kepala Disperkimtan Kota Bekasi Jumhana Luthfi kepada wartawan di RSD Stadion Patriot Chandrabaga, Senin (11/10) Sore.

Jumhana mengatakan adapun untuk proses yang tengah dilakukan terhadap makam tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan rapat internal terlebih dahulu terhadap para ahli waris untuk melakukan proses pemindahan jenazah.

“Sekarang lagi rapat dengan ahli waris di kelurahan hari ini (Pada Senin Kemarin), dengan dari hasil rapat itu ada beberapa kesepakatan yang akan di diberlakukan,” jelasnya.

Kesepakatan itu, kata dia yang diberlakukan antara lain adalah Disperkimtan Kota Bekasi akan meminta bantuan kepada Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi untuk terlebih dahulu mengeruk sampah yang ada disana agar dari makam yang tertimbun bisa segera dipindahkan.

“Jadi gini prosesnya, setelah adanya kesepakatan dengan masyarakat, nanti kita minta Dinas LH angkat tuh sampah yang sudah nimbun disana, abis itu kita gali sampah itu agar memudahkan untuk proses pemindahan jenazah,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, sedangkan untuk proses pemindahan jenazah, pihaknya dalam hal ini memberikan dua opsi yang akan dicanangkan oleh ahli waris agar bagi jenazah yang tertimbun sampah bisa segera dipindahkan.

“Kita ada dua opsi pemindahan yakni yang pertama melakukan pemindahan jenazah yang dilakukan satu per satu abis itu di kafani kembali per makam, atau opsi kedua apabila jenazah itu sudah bercampur, maka kita lakukan pengangkatan secara massal, kemudian tinggal diberikan nisan-nisannya saja,” ujar dia.

Jumhana memaparkan kemudian bagi jumlah jenazah yang tertimbun oleh tumpukan sampah, bagi jenazahnya berjumlah sebanyak 114 jenazah, lalu dari target pemindahan jenazah yang diberikan dirinya terhadap para jajarannya, untuk proses pemindahan jenazah itu harus secara cepat diselesaikan.

“Total jenazah ada 114 jenazah yang tertimbun disana, dan saya dalam hal ini juga sampaikan ke jajaran saya, agar pemindahan jenazah itu harus segera selesai,” pungkasnya.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini