Latu Har Hary: Direncanakan Dibangun 200 Sumur Resapan di Jatiasih

Infobekasi.co.id – Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS, Latu Har Hary meninjau lokasi sumur injeksi resapan di Lapangan Kecamatan Jatiasih pada Jumat (12/11/2021). Sumur resapan dengan kedalaman 30 meter ini dianggap efektif meminimalisasi banjir di lokasi tersebut.

“Di sini sebagai contoh atau pilot project,” kata Latu, Senin (15/11/2021).

Sumur resapan di lapangan itu, kata dia, ada tiga dengan bak kontrol 3 X 4 meter. Masing-masing sumur menggunakan pipa memiliki kedalaman mencapai 30 meter. Ide sumur ini berasal dari Kepala UPTD BMSDA Kecamatan Jatiasih, Mustono.

“Sumur resapan ini merupakan ide dan gagasan dari beliau. Hal ini layak untuk kita apresiasi dan dukung untuk bisa dikembangkan lebih lanjut,” kata Anggota DPRD dari Dapil Jatiasih-Jatisampurna ini.

Ia mengatakan, lingkungan di Kecamatan Jatiasih sebelumnya menjadi langganan banjir apabila curah hujan sedang tinggi-tingginya. Jika turun hujan selama dua jam lebih, dapat dipastikan bahwa kantor kecamatan dan sekitarnya akan terendam banjir setinggi dada orang dewasa.

“Tapi berkat adanya sumur injeksi resapan ini banjir Alhamdulillah bisa diatasi,” ucap Latu.

Latu menambahkan, di Kecamatan Jatiasih akan dibuatkan sumur injeksi resapan di 200 titik, tersebar di daerah rawan banjir. Di beberapa titik sudah mulai pengerjaan.

“Hal ini sangat perlu untuk dukungan baik dari sisi anggaran maupun yang lainnya. Saya sebagai Anggota DPRD Kota Bekasi siap untuk mensupport dari sisi kewenangan dan tugas sebagai Dewan,” kata dia.

Pihaknya berharap Jatiasih menjadi proyek percontohan yang dapat dijadikan Benchmark bagi wilayah lain di Kota Bekasi yang rawan banjir, sehingga kedepannya bisa dikembangkan lebih banyak sumur resapan untuk bisa menanggulangi permasalahan banjir di Kota Bekasi. (adi/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini