Syaifudin Dorong Pemkot Bekasi Segera Miliki Instalasi Pengolahan Sampah

Infobekas.co.id – Sekretaris Komisi II DPRD Kota Bekasi Syaifudin mendorong pemerintah Kota Bekasi segera memiliki instalasi pengolahan sampah untuk mengurangi sampah yang ada di TPA Sumurbatu, Bantargebang.

“Pemerintah sudah mengeluarkan Perda No.02 tahun 2021, tentang pengelolaan sampah,” kata Syaifudin, Sabtu (20/11/2021).

Peraturan daerah ini merupakan tindaklanjut Perpres No.35 tahun 2018 tentang percepatan pembangunan instalasi pengolah sampah. Dalam hal ini Kota Bekasi ditunjuk oleh pemerintah pusat, untuk menjadi pusat pengelola sampah menjadi listrik.

“Ada 12 kota yang mendapatkan amanah untuk mengelola sampah menjadi energi listrik diantaranya adalah Kota Bekasi,” kata Anggota DPRD dari Fraksi PKS ini.

Jika ini bisa direalisasikan, Pemerintah Kota Bekasi akan memiliki fasilitas yang tidak hanya mengurangi tumpukan sampah di TPA Sumurbatu, tapi juga bisa memproduksi listrik yang bisa dijual ke PLN.

Seperti diketahui, produksi sampah di Kota Bekasi setiap hari mencapai 1800 ton. Menurut dia, tak semua sampah dapat diangkut ke TPA Sumurbatu. Adapun yang dibawa ke sana sekitar 1300 ton, selebihnya masih berada di TPS maupun sampah liar.

Adapun pemerintah pernah menjajaki kerja sama dengan pihak ketiga untuk membuat instalasi pengolahan sampah, tapi gagal. Sehingga, pemeritah memutuskan menghentikan kerja sama. Sekarang, pemerintah daerah tengah menjajaki kerja sama lagi dengan pihak ketiga lainnya. (adi/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini