Ini Pusat Spare Part Motor Bekas di Tambun, Ada Apa Saja?

Infobekasi.co.id – Mau cari spare part atau aksesoris sepeda motor bekas tapi bagus, datang aja ke Jalan SKU-Kompas, Tambun Selatan. Di tempat ini ada sekitar 30 an pedagang yang meramaikan jalan yang bisa disebut juga sebagai gerbangnya wilayah Tambun Selatan-Cibitung-Tambelang.

Jalan selebar 8 meter itu di kiri kananya diambil 1,5 meter masing untuk para pedagang menjajakan dagangannya. Di tempat ini kalau lagi untung dapat barang yang orsinil , karena sebagaian ada yang copotan.

Barang yang biasa dijajakan di tempat ini di antaranya, knalpot, cakram, shock breaker, tangki, stang. Cover ban dan tutup lampu, hingga kaca spion, “Di sini selain menjual barang bekas ada juga yang copotan dan tentu saja ori,” ujar Ucup, satu pedagang di sana.

Dia mengatakan barang yang dicopot itu biasanya untuk kendaraan kredit yang tidak kuat bayar, “Kalau kami di sini membeli dan paling penjualnya bilang udah bosen mau ganti model,” ujar Ucup, sambil mengatakan ada juga yang tukar tambah.

Para pedagang mendapatkan pasokan aksesori dari pelbagai sumber. Kebanyakan mereka peroleh dari para pedagang yang datang langsung ke mereka. Selain itu, ada yang bersumber dari bengkel-bengkel motor di daerah Bekasi, “Ada juga dari hasil tukar tambah dengan konsumen,” tutur Ucup.

Harga kaca spion Honda Beat, yang biasa hanya Rp 15 ribu satu unit, sedang knalpot yang sudah direkondisi harganya berekisar Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu.

Barang bekas yang diperoleh dari para penjual oleh pedagang dipoles lagi dan yang kusam direkondisi dan setelah melalui proses poles sana poles ini jadilah barang baru, apalagi ditutupi dengan plastik dan diberi kemasan toko.

Para pedagang spare part di tempat ini sudah sejak 1999 dan itu direkomendasikan oleh Pemkab Bekasi, namun sempat memakai jangka waktu, namun meski sudah lewat mereka masih tetap berdagang dan mereka akan diserbu pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu. (saban)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini