Warga Kabupaten Bekasi Diminta Pilih Flora dan Fauna Khas untuk Ikon Daerah

Infobekasi.co.id – Warga Kabupaten Bekasi akan diminta memilih jenis tumbuhan dan hewan yang menjadi ciri khas daerah setempat. Nantinya, pilihan masyarakat yang paling favorit akan dijadikan ikon khas Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi, Indra Wahyudhi mengatakan, timnya dalam waktu dekat akan melakukan jajak pendapat ke masyarakat mengenai flora dan fauna endemik Kabupaten Bekasi.

“Nanti akan kita desiminasi dan sosialisasikan ke masyarakat, melalui angket, sehingga dapat diketahui pilihan flora dan fauna favorit masyarakat yang akan kita ajukan sebagai ikon khas Kabupaten Bekasi,” ucapnya, Kamis (7/7).

Kepala Balitbangda Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto mengatakan, berdasarkan identifikasi yang dilakukan tim peneliti, di Kabupaten Bekasi terdapat 1.642 jenis flora dan 176 jenis fauna. Beberapa di antaranya saat ini terancam punah seperti lutung jawa, bunga padma dan burung blekok hitam.

“Untuk memberikan penyemangat bagi pembangunan ekonomi daerah maka perlu ditetapkan flora dan fauna yang akan dijadikan sebagai icon di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Pemerintah daerah melalui Balitbangda mendorong agar flora dan fauna yang menjadi endemik di Kabupaten Bekasi menjadi ikon khas. Dorongan itu di antaranya berupa fasilitasi, pelaksanaan dan evaluasi penelitian.

“Diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berdasarkan hasil penelitian bagi pemangku kepentingan di setiap perangkat daerah,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini