1.000 Pedagang Mi dan Bakso di Bekasi Mendapat NIB

Infobekasi.co.id – Sebanyak 1.000 pedagang mi dan bakso di Kabupaten Bekasi mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB) yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Deputi Bidang Usaha Mikro pada Kementerian Koperasi dan UKM RI Yulius MA mengatakan, pemberian NIB merupakan bagian dari percepatan transformasi usaha informal menjadi usaha formal bagi pelaku usaha kecil.

“Target kami sebanyak satu juta pelaku UMKM di Indonesia mendapatkan NIB agar usaha mereka semakin maju dengan memenuhi regulasi,” katanya, Rabu (21/9).

Dia mengatakan, usaha mikro memegang peranan penting bagi perekonomian di Indonesia. Karena dominasi usaha mikro mencapai 99 persen, meskipun baru 60 persen yang sudah masuk marketplace digital pemerintah.

Pemberian NIB bagi pelaku usaha yang tergabung dalam paguyuban pedagang mi dan bakso (Papmiso) ini merupakan target dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk membuka akses pasar produk-produk UKM.

“Kami menargetkan akses produk UMKM bisa terbuka luas melalui belanja katalog digital terintegrasi dari hulu ke hilir hingga mengakselerasikan digital UMKM terbesar se-Asia,” katanya.

Ketua Papmiso Indonesia Bambang Hariyanto mengapresiasi pemerintah pusat dan daerah yang telah memfasilitasi pemberian NIB sekaligus sertifikat halal dan kepesertaan BPJamsostek bagi anggotanya.

“Negara hadir memberikan fasilitas bagi rakyat kecil. Mudah-mudahan dapat dinikmati seluruh pedagang bakso khususnya di wilayah Jabodetabek. Pedagang bakso naik kelas sekarang,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini