Bangunan Liar di Pinggir Kali Jati Kayuringin Tersisa Milik Ormas

Infobekasi.co.id – Satpol PP Kota Bekasi menyisasakan bangunan liar milik ormas dalam penertiban bangunan liar di sepanjang Bantaran Jalan Kali Jati, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kamis, 22 September 2022.

Kepala Satpol-PP Kota Bekasi Abi Hurairah mengatakan penertiban bangunan tersebut tindak lanjut dari Surat Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi perihal surat permohonan pembongkaran bangunan liar per tanggal 12 September 2022.

“Sebanyak 50 sampai 60 lapak bangunan yang ditertibkan,” ujar dia kepada awak media di lokasi, Kamis (22/09) Siang.

Penertiban ini dimulai dari sisi utara hingga sisi selatan menggunakan alat berat (Beko).

“Ada beberapa bangunan yang kita cancel dulu atas kesepakatan, sehingga kita tinggalkan dulu yang kemungkinan lebih lanjut akan dimediasi terlebih dahulu,” ungkapnya

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi M.Solikhin menerangkanada kendala pembongkaran bangunan liar karena beberapa organisasi masyarakat (ormas) meminta bangunannya tak dibongkar.

“Sebenarnya semua yang ada di bantaran kali seharusnya dibongkar, cuman memang ada satu dan lain hal dari teman-teman ormas untuk diminta dia tidak dibongkar dulu, yaitu sekitar tiga bangunan,” ujar dia secara terpisah.

Menurut dia, pembongkaran bangunan liar milik ormas menunggu situasi kondusif. “Mereka secara ini terima kalau semua diperlakukan sama, konsepnya gitu. Kalau takut ormas engga. Karena pemerintah duduk sama-sama, ormas itu juga bagian dari kelompok masyarakat,” pungkasnya.

Ia menambahkan, penertiban bangunan liar di bantaran kali untuk mendukung rencana pemerintah membuat taman atau pelebaran jalan.

“Jadi kita akan upayakan untuk ruang publik intinya, kalau teman-teman kesini kan nyaman jadinya ada taman jogging track, kalau kondisi gini kan kelihatan kumuh,” tandasnya

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini