Kenali Penyebab Banjir di Kota Bekasi

Infobekasi.co.id – Ada dua karakteristik banjir di Bekasi. Pertama akibat hujan lokal dengan curah hujan tinggi, kedua meluapnya Kali Bekasi. Hujan lokal dengan intensitas tinggi biasanya menyebabkan banjir di permukiman warga yang letaknya di cekungan. Misalnya, Perumahan Rawalumbu, Kranji, Dosen Ikip, Nasio dan lainnya.

Ini terjadi pada Jumat pekan lalu. Hujan deras dengan intensitas tinggi lebih dari dua jam menyebabkan rumah-rumah penduduk kebanjiran. Data BPBD paling tinggi di Komplek Dosen IKIP mencapai 1 meter lebih.

Sementara penyebab kedua adalah banjir meluapnya Kali Bekasi. Debit air naik jika di wilayah hulu atau Bogor hujan dengan intensitas tinggi. Air turun melalui Kali Cikeas dan Cileungsi bertemu di Jatiasih menjadi Kali Bekasi. Dan ini tidak ada kaitannya dengan Katulampa, karena beda jalur.

KP2C menetapkan batas maksimal di lokasi pertemuan mencapai 350 Cm. Artinya, jika debit air yang turun dari Bogor melebihi itu, bisa berpotensi banjir. Wilayah terdampak, permukiman penduduk di bantaran Kali Bekasi dari Jatiasih sampai Bekasi Utara.

“Untuk antisipasi bencana dari cuaca ekstrem, Kita dari BPBD Kota Bekasi sejatinya telah menugaskan aparatur penanggung jawab di 12 Kecamatan untuk antisipasi bila ada warga yang perlu dilakukan evakuasi dan lain sebagainya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Enung Nurcholis saat dikonfirmasi Infobekasi.co.id, Minggu (09/10) Siang.

adapun baik peralatan lain yang sudah disiagakan, BPBD juga sudah mempunyai sebanyak 19 perahu karet di Markas Komando.

“Dengan perahu-perahu tersebut yang disiagakan untuk segera melakukan evakuasi kepada masyarakat apabila dibutuhkan dikala kondisi cuaca yang sedang tak menentu seperti banjir, Sembari kita melihat dahulu kondisi medan apakah penting atau tidaknya perahu karet dibutuhkan disekitaran lokasi kejadian,” tutupnya

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini