Orang Tua di Bekasi Diimbau Hindari Pemberian Obat Sirup kepada Anak Sakit

Infobekasi.co.id – Masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya orang tua diimbau untuk menghindari pemberian obat sirup kepada anak yang sedang sakit. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyakit gangguan ginjal akut progresif atipikal.

“Seluruh apotek, rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan sudah kami imbau untuk tidak meresepkan obat sirup. Begitu juga orang tua agar lebih meningkatkan kehati-hatian,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Masrikoh, Kamis (20/10).

Orang tua yang memiliki anak terutama usia balita untuk sementara tidak mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompeten sampai dilakukan pengumuman resmi dari pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Masrikoh juga berharap orang tua untuk lebih mengedepankan pengobatan non-farmakologis atau terapi pengobatan tanpa obat kepada anak yang mengalami sakit demam dan menjalani perawatan di rumah. Seperti anjuran yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Caranya seperti mencukupi kebutuhan cairan, kompres air hangat, dan menggunakan pakaian tipis. Jika terdapat tanda-tanda bahaya, segera bawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” katanya.

Masih Masrikoh, kasus suspek gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak adalah kasus penyakit pada anak usia 0-18 tahun (mayoritas usia balita) dengan gejala anuria atau oliguria yang terjadi secara tiba-tiba.

Sedangkan kasus probabel gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak adalah kasus suspek ditambah dengan tidak terdapatnya riwayat kelainan ginjal sebelumnya, atau penyakit ginjal kronik dengan disertai atau tanpa disertai gejala prodromal (seperti demam, diare, muntah, batuk pilek).

“Terutama bagi orang tua yang punya anak dengan usia kurang dari enam tahun, agar lebih memperhatikan gejala penurunan volume atau frekuensi urine atau tidak ada urine. Apabila menemukan gejala tersebut, segera dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini