Pemkab Bekasi Bakal Sewa Mobil Listrik untuk Operasional Dinas

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana menggunakan mobil listrik untuk kendaraan operasional dinas. Penggunaan kendaraan tersebut kemungkinan menggunakan sistem sewa melalui pihak ketiga.

“Mungkin kita akan sewa karena ternyata sekarang sudah ada perusahaan yang menyewakan kendaraan listrik. Bisa jadi nanti dialokasikan di APBD Perubahaan tahun ini untuk satu atau dua kendaraan,” kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Selasa (25/10).

Dia mengatakan, sistem sewa mobil listrik untuk operasional dinas akan lebih efisien dibanding membeli kendaraan tersebut. Karena sistem sewa mobil listrik juga akan dilakukan bertahap, disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

Baca juga : 19 Warga Kabupaten Bekasi Ikut Program Transmigrasi ke Sulawesi

“Kemungkinan 2023 bisa kita tambah, tapi kita akan coba hitung anggarannya terlebih dahulu. Kalau tidak memungkinkan akan kita lakukan secara bertahap,” katanya.

Menurut Dani, mobil listrik memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak. Di antaranya ramah lingkungan dan lebih efesien dari sisi anggaran untuk bahan bakar.

“Kenapa penting? Pertama karena faktor ramah lingkungan tidak ada emisi gas buang dan kedua ramah kantong, jadi penggunaan anggaran untuk bahan bakar juga akan jauh lebih murah dibandingkan bahan bakar minyak,” ungkapnya.

Rencana menggunakan mobil listrik di Kabupaten Bekasi berdasarkan Instruksi Presiden Nomor : 7/2022 tentang Penggunaan Kendaraan Listrik Menjadi Kendaraan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini