Buruh Bekasi Minta Kenaikan Upah 13 Persen

Infobekasi.co.id – Buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani. Aksi mereka menuntut kenaikan upah hingga 13 persen pada UMK tahun 2023.

“Hari ini memang sengaja kami aksi untuk meminta Kadisnaker Kota Bekasi yaitu Ika Indah Yarti, karena sudah tiga kali pertemuan dalam pembahasan UMK 2023, mereka tidak pernah hadir. Makanya kami Aliansi Buruh Bekasi sengaja meminta kepada Kadisnaker untuk hadir dalam perundingan upah di tahun 2023 agar mengeluarkan angka sekurang-kurangnya 13 persen,” ujar Koordinator Satgassus Aliansi Buruh Bekasi Melawan Supriyanto kepada wartawan di lokasi, Selasa (08/11) sore.

Supriyanto menilai, selama pandemi upah tidak naik signifikan. Tahun lalu, hanya naik 0,71 persen. “Makanya kami pada hari ini meminta kepada Kadisnaker untuk serius, Apabila hari ini Kadisnaker tidak hadir atau mangkir dalam perundingan, kami terpaksa buruh bekasi melawan memungkinkan untuk menginap di kantor Disnaker hari ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, faktor buruh yang meminta kenaikan upah yaitu adanya kenaikan harga BBM. Sehingga, para buruh meminta kepada Dinas Tenaga Kerja untuk menaikkan Upah berdasarkan kenaikan BBM atau sekitar 13 persen, berkisar Rp 300 – 350 ribu.

Sementara itu, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi menginformasikan bahwa kini pihaknya tengah menunggu data ekonomi dari BPS Pusat untuk melakukan kajian terhadap kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) Pada Tahun 2023 mendatang.

Sebab, seperti diketahui secara Nasional Pembahasan penetapan upah minimum tahun 2023 masih berlangsung baik upah minum kota (UMK) maupun upah minum provinsi (UMP). Begitu juga, batas penetapan upah minimum pada tahun 2023 adalah tanggal 21 November untuk upah minimum provinsi (UMP) dan 30 November untuk upah minimum kabupaten/ kota (UMK).

Sempat Blokade Jalan Ahmad Yani

Buruh sempat memblokade Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi menuju ke Summarecon. Walhasil, kemacetan panjang tak dapat dihindarkan sekitar jam 15.30 WIB. Tak lama kemudian blokade.

Selain memblokade jalan, buruh juga mendorong gerbang kantor Disnaker hingga roboh.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini