Jalan Mayor Oking Bakal Ditata Jadi Kota Tua, Destinasi Religi dan Budaya

Infobekasi.co.id – Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, berencana menata sekitaran Jalan Mayor Oking, dekat Klenteng Hok Lay Kiong jadi salah satu tempat destinasi wisata religi dan budaya.

Tri mengatakan, semoga dari perencanaan yang diharapkan bisa menjadi satu tempat interaksi yang humanis bagi masyarakat.

“Kita akan meng-upgrade yang ada di Jalan Mayor Oking (Kelenteng), kemudian menjadi tempat destinasi wisata religi dan budaya. Dan akan menjadi ikon Kota Bekasi terdepan, dengan keberagaman dan kebhinekaan tunggal ika,” kata Tri kepada wartawan selepas mengunjungi Klenteng Hok Lay Kiong saat meninjau pelaksanaan Hari Raya Imlek, Minggu (23/01/2023) Kemarin.

Lebih jauh, Tri menyampaikan, perencanaan penataan tersebut, akan dilakukan secara bertahap. Dari segi anggaran penataannya juga sudah disiapkan.

“Kita lakukan secara bertahap tahun ini. Ada anggarannya untuk meng-upgrade. kita ingin kawasan Kelenteng menjadi satu tempat interaksi yang humanis, makanya kita buat pedestrian yang baik. Kemudian, kita atur juga proses pengaturan parkir lalu lintasnya, sehingga ekonomi menjadi tumbuh,” paparnya.

Tri juga menyebut, bahwa sekitaran kawasan Jalan Mayor Oking merupakan bagian dari aset Pemerintah Kota Bekasi. Apabila lokasi tersebut dapat dikelola dengan cukup baik, Maka tidak menutup kemungkian menjadi daya tarik wisata, sektor perekonomian meningkat.

“Ini adalah aset pemerintah kota bekasi juga, yang perlu kita lestari. kita kembangkan agar bisa menarik orang, ada sesuatu yang bisa dilihat wisata sejarah kelenteng sudah berusia ratusan tahun berdiri. Ini akan jadi daya tarik sekaligus peningkatan perekonomian,” jelas Tri.

Sedangkan melalui sisi perencanaan penataan Jalan Mayor Oking sendiri. Nantinya akan dikonsepkan sebagai Kota Tuanya Bekasi.

“Nantinya kit berinteraksi seluruh warga masyarakat, termasuk unsur masyarakat Bekasi. Unsur arab di sini juga ada, cina juga ada, kita akan kembangkan. Saya kira ini akan menjadi keharmonisan, kembali mengenang sejarah pasar proyek. Ini merupakan pasar lama kota tuanya Kota Bekasi,” tutup Tri.

Kontributor: Denny Arya Putra

Editor: Deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini