Ada Rusun dengan Tarif Rp 10 K/Bulan di Bekasi

Infobekasi.co.id – Menteri Sosial Tri Rismaharini meresmikan Rumah Susun Sentra Terpadu Pangudi Luhur untuk masyarakat kurang mampu. Rusun dibangun atas kerja sama Kementerian Sosial dan Kementerian PUR.

“Atas peresmian Rumah Susun ini saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Presiden, bapak Kementerian PUPR, Serta Komisi 8 DPR RI yang terus terang mensupport saya punya ide untuk memindahkan mereka yang kurang layak, diberikan bantuan untuk penyiapan rumah huniannya,” ucap Tri kepada awak media dilokasi, Jumat (10/02/2023).

Ia berujar, adapun Rumah Susun tersebut dibangun diantaranya diperuntukkan untuk kategori-kategori masyarakat tertentu yakni baik Disabilitas, Lansia maupun Para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Dimana, nantinya mereka hanya cukup membayar sewa rusun sebesar Rp.10 ribu per bulan. Bagi yang menempati akan ada surat perjanjian untuk menghidari pemindahtanganan hunian.

“Jadi saya ingin menyampaikan kepada penghuni rusun, karena perbedaannya jauh antara di luar (mereka bertempat tinggal yang kurang layak) dengan sini kita bantukan,” katanya.

“Jumlah kamar sebanyak 93 Unit, Yang terbagi 88 Unit Kamar Reguler, dan 5 Unit Kamar Difabel dan bisa menampung sebanyak 360 orang. Dengan total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 34,5 Miliar,” ujarnya

Tri menambahkan, karakter masyarakat yang kurang memiliki hidup layak, tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pihaknya mendirikan shelter (hunian) untuk mereka mereka yang tidak memiliki kemampuan atau daya beli untuk huniannya

“Kemudian tipe hunian yang kita pilih juga yang sederhana, karena supaya menampung lebih banyak. Karena kalau terlalu besar nanti yang ditampung sedikit, padahal kebutuhannya cukup besar,” paparnya

Serta, dari mereka yang nantinya akan bertempat tinggal. Kemensos juga menyiapkan pekerjaan yang bisa mereka lakukan dan akan sedikit memberikan pelatihan vokasi supaya mereka tertarik untuk melakukan sesuatu pelatihan.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini