Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bekasi Resmi Dilantik, Ini Tugasnya

infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi resmi mengukuhkan jajaran pengurus Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bekasi periode 2023-2028 di Lapangan Sepakbola Desa Sukasejati, Cikarang Selatan, Minggu (04/06/23) lalu.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan memberi empat tugas pokok sesuai dalam Surat Keputusan (SK) kepada Dewan Kebudayaan Daerah yang telah dikukuhkan. Agar dapat membawa kemajuan budaya asli Kabupaten Bekasi ke tingkat yang jauh lebih tinggi, sehingga budaya lokal tersebut menjadi kebanggan bagi daerah, penggiat seni dan budaya hingga masyarakatnya.

“Tugasnya adalah mengidentifikasi, pemanfaatan, pelestarian, dan pewarisan. Termasuk memberikan rekomendasi kebijakan kepada bupati dan pemerintah daerah agar bisa mengangkat budaya lokal kita ke tingkat nasional dan global,” kata Dani Ramdan.

Dani juga menyampaikan, kekayaan dan keanekaragaman seni budaya yang dimiliki Kabupaten Bekasi justru menjadi kekuatan dalam menyatukan semua elemen masyarakat, harus terus dilestarikan.

“Budaya bukan hanya kesenian, di dalamnya juga ada sastra melalui bahasa-bahasanya, ada juga permainan tradisional, olahraga tradisional, manuskrip, cagar budaya, pengetahuan tradisional yang itu semua merupakan objek pemajuan kebudayaan,” jelasnya.

Semua objek pemajuan kebudayaan tersebut, sambungnya, merupakan hasil cipta, karsa dan karya dari para leluhur yang di dalamnya ada kemuliaan-kemuliaan, agama dan amanah yang belum tentu dimiliki oleh suku maupun bangsa lain.

Sementara itu, dilansir dari bekasikab.go.id, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora), Iman Nugraha menambahkan, pengukuhan jajaran pengurus Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bekasi merujuk pada undang-undang dan peraturan dari pemerintah pusat tentang pemajuan kebudayaan.

“Nantinya kita akan bersinergi sebagai dinas terkait dengan dewan kebudayaan daerah ini yang merupakan pakarnya. Sehingga arah kebijakan untuk pelestarian dan pengembangan kebudayaan sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh sebab itu kita minta untuk dibuatkan usulan dan program kebudayaan kedepan,” jelas Iman.

Ketua Umum Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bekasi, Asep Saefulloh menambahkan, pihaknya siap bersama jajaran pengurus lainnya, untuk memberikan kontribusi selaku organisasi bentukan pemerintah dalam memajukan kesenian dan kebudayaan Kabupaten Bekasi.

“Kita akan melaksanakan giat-giat berkesenian dan berkebudayaan, melakukan kajian-kajian untuk pelestarian dan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Bekasi. Tentunya hasil dari kajian-kajian itu untuk direkomendasikan kepada pemerintah daerah,” pungkasnya.

Redaktur : Deros Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini