Kali Bancong Tempat Nongkrong Para Jago-Jago Jawara Kaliabang

infobekasi.co.id – Di Kaliabang Bungur, Bekasi Utara ada Kali Bancong. Kali yang dulunya terbilang angker ini ada jembatan yang dari dulu hingga saat ini menjadi akses sentral penghubung wilayah Kaliabang Tengah, Bungur menuju Pondok Ungu ke Jakarta.

Jembatan Kali Bancong terletak persis di dekat pabrik Bakrie, Bungur. Pohon besar dan tinggi menjulang masih terlihat di pinggiran kali. Masih terasa angker memang. Ada pohon kapuk, pohon beringin dan pohon nangka dan lain-lainnya.

Konon, penyebutan Kali Bancong tidak terlepas dari pohon bancong yang pernah tumbuh disekitar kali tersebut. Kini pohon bancong sudah tidak ada lagi tergerus pembangunan pabrik dan pemukiman penduduk.

“Di sini dulunya ada pohon bancong dekat kali. Makanya kali ini terkenal dengan Kali Bancong. Angker disini, orang banyak nemuin dedemit,” ujar Arif, warga asli Kaliabang Bungur, saat berbincang di jembatan Kali Bancong, Jumat (30/06/23).

Pada sekitar tahun 80-an, Kali Bancong airnya masih jernih, bisa untuk mandi, cari ikan dan aktifitas warga setempat. Bocah setempat suka main di kali saat sore.

Dan kali ini, kata Arif, juga menjadi salah satu benteng pertahanan pasukan tentara Indonesia yang dibantu para jawara-jawara setempat.

“Dulu banyak jago-jago (jawara) di Kali Bancong, dan ikut menghalau pasukan Belanda saat agresi militer,” ungkap Arif.

Selain Kali Bancong, di Kaliabang Bungur juga ada Kali Sasak Kapuk yang menjadi saksi bisu perjuangan pasukan Kyai Noer Alie menghalau tentara Belanda kala itu.

Berikut penampakan kondisi Kali Bancong saat ini:

Penulis : Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini