Tradisi Fatrah Ta’aruf dan Santri Baru Attaqwa Kyai Noer Ali

infobekasi.co.id – Pondok Pesantren Attaqwa Putra Bekasi kedatangan para santri dari berbagai pelosok daerah. Para santri baru ini bakal diperkenalkan tentang sejarah Pesantren Attaqwa, hingga seluk beluk pesantren. Selama 2 (dua) hari, Kamis dan Jum’at , 20-21 Juli 2023.

Pesantren Attaqwa Ujung Harapan punya cara tersendiri memperkenalkan lembaga pendidikan yang dirintis oleh Almagfurlah Kyai Noer Ali ini. Satu persatu santri baru bakal diperkenalkan ke para guru, kakak kelas (pengurus asrama), dan adaptasi lingkungan pondok.

Tanggal 1 Muharram 1446 Hijriyah, bertepatan Rabu 19 Juli 2023 menjadi momen tepat Ponpes Attaqwa Putra Bekasi menyambut kedatangan santri -santri baru, mulai dari tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Sejak pukul 7 pagi, keluarga dan wali santri berbondong-bondong berdatangan di halaman Mesjid Jami Attaqwa. Mereka menunggu waktu pembukaan administrasi santri baru yang dikawal Panitia Penerimaan Santri Baru (PSB) Tahun Ajaran 2023/2024.

Suasana gembira, bangga dan mengharukan terpancar di wajah para santri, mereka diantar langsung oleh para orang tua wali santri dan sanak keluarga.

Ketua Panitia PSB, Ustadz H. Nurhasan Jurjani, menuturkan, panitia membuat sistem dan alur antar santri via drive thru. Ada yang menggunakan motor dan kendaraan mobil.

Pimpinan Pondok Pesantren Attaqwa Putra, KH. Husnul Amal Mas’ud, memantau proses kedatangan para santri baru berjumlah ratusan santri MTs dan MA. Ia bersama Ketua Panitia juga menyempatkan mengecek kesiapan asrama dan menyapa para santri.

Para santri ini mayoritas berasal  dari wilayah Jabodetabek. Namun, tercatat beberapa dari santri baru juga berasal dari propinsi lain, yakni jawa hingga Bengkulu, Sumatera.

Ustadz H. Abdul Fattah Khoir, selaku wakil pimpinan pondok menyampaikan pesan awal tahun ajaran baru kepada para dewan guru dan santri, bahwa pentingnya memperbarui niat belajar (tajdidun niyyah), menyamakan langkah (taswiyatul khuthwah) dan amal ibadah dalam setiap kegiatan yang dilalui selama setahun ke depan.

Berikut video momen kedatangan santri baru di Pondok Pesantren Attaqwa Putra Ujung Harapan, Bekasi:

(DR/AT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini