Jajanan Jadul Khas Bekasi Masih Eksis Hingga Saat Ini, Ada Sagon dan Jalabia

infobekasi.co.id – Bekasi kaya akan kuliner. Terlihat dari berbagai macam jajanan khas Bekasi jadul alias zaman dulu masih ada hingga saat ini. Semisal sagon dan kue jalabia.

Penasaran apa saja jajanan khas Bekasi yang masih eksis hingga saat ini?. Yuks kita intip.

1. Kue Dongkal. Dari segi rasa dan proses pembuatan kue ini mirip dengan putu ayu, namun ada ciri khas yang membuat kue ini istimewa.

Dari bentuknya yang menyerupai tumpeng dengan warna putih dan cokelat bertumpuk. Rasanya manis serta teksturnya yang lebih kenyal dibanding kue putu.

2. Kue rangi. Camilan ini termasuk makanan Betawi yang sudah cukup sulit ditemukan. Rasanya manis ada lumeran gula merah. Nama lain dari kue ini Sagu Rangi, lantaran bahan utamanya terbuat dari Sagu.

3. Telur gabus, camilan ini bahkan sudah sangat terkenal se-nusantara, masih mudah menemukan jajanan ringan khas Bekasi ini di toko kue kering.

4. Kue Cubit. Kue satu ini sudah ada sejak lama dan jadi jajanan favorit banyak orang di Bekasi dan sekitarnya terutama warga Betawi.

Konon katanya, nama unik kue ini berasal dari proses memasaknya yang harus dicubit atau dijepit.

5. Kue Sagon. Budaya Betawi juga ikut mempengaruhi jenis kue kering yang terdapat di Bekasi ini.

Kue ini bahan utama dari parutan kelapa, gula, serta tepung sagu ini sudah ada sejak lama, dan terkenal dengan rasanya gurih dan langsung meleleh saat masuk ke dalam mulut.

6. Biji ketapang yang dimaksud bukan biji asli, melainkan kue legendaris warga Betawi di Bekasi. Nama tersebut diberikan sebab kue kering ini memiliki bentuk persis seperti biji buah ketapang bulat lonjong.

7. Kue Duit. Bentuknya yang seperti lempengan koin membuat kue ini dijuluki sebagai kue duit. Kudapan ringan ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kalian ingin membawa makanan khas Bekasi sebagai oleh-oleh.

8. Kue Jalabia. Sekilas kue ini terlihat mirip dengan donat, padahal kue jalabia termasuk jenis gemblong ala Betawi yang nikmat.

Bahan utamanya terbuat dari tepung ketan, terigu, garam, santan yang digoreng lalu diberi balutan gula cair.

9. Kue akar kelapa. Jajanan khas Betawi yang tidak boleh ketinggalan kalian beli ketika mengunjungi Bekasi adalah kue akar kepala. Seperti namanya, jenis kue kering ini memiliki bentuk layaknya akar pohon kelapa.

10. Kue wajik ketan. Wajik ketan ini memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dari olahan ketan yang lain. Saat hajatan di Bekasi zaman dulu, biasanya banyak hingga saat ini masih ada.

11. Kacang mete. Bekasi juga terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil kacang mete. Selain dijual dalam bentuk kacang, ada banyak olahan lain yang juga bisa kalian nikmati seperti cokelat mete.

Dan, masih banyak lagi yang belum kesebut. Pokoknya, mampir ajah ke Bekasi jika sedang melintas ya guys. Selamat jajan !

(Deros. D.Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini