Konvoi Truk Tanah di Bekasi Malam Hari, Ini Penjelasan Dishub

Infobekasi.co.id – Truk bertonase besar yang mengangkut tanah menyebabkan kemacetan di beberapa jalan utama Kota Bekasi, seperti Jalan Ahmad Yani dan Jalan Ir H Juanda, terutama pada malam hari.

Plt Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Ikhwanudin, menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena truk-truk tersebut sedang dalam perjalanan menuju wilayah Kabupaten Bekasi untuk mengirimkan tanah ke lokasi proyek yang ada di sana.

“Jadi gini, Kota Bekasi ini kan hanya merupakan jalur transit. Truk-truk pengangkut tanah ini tujuannya adalah Kabupaten Bekasi, khususnya daerah Babelan,” kata Ikhwanudin pada Selasa, 5 September 2023.

Namun, masalahnya adalah bahwa truk-truk ini tampaknya tidak mematuhi regulasi jam operasional tonase besar yang ditetapkan. Hal ini menyebabkan kemacetan di beberapa jalan utama Kota Bekasi, terutama saat jam pulang kerja.

“Kami memiliki aturan bahwa operasional truk-truk pengangkut tanah hanya diperbolehkan antara pukul 22.00 hingga 05.00 WIB, tetapi terlihat bahwa beberapa truk sudah masuk sejak pukul 20.00 WIB,” jelasnya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pada malam Senin, 4 September 2023, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) telah melakukan penjagaan di Jalan Ir H Juanda dan Jalan Ahmad Yani. Mereka menghentikan truk-truk yang melintas dan memerintahkan para sopir untuk memutar arah dan tidak melanjutkan perjalanan hingga waktu jam operasional resmi tiba.

Selain itu, pihak Dishub juga gencar melakukan sosialisasi kepada para pengemudi truk agar mereka memarkir kendaraan mereka di tempat yang telah ditentukan. Sampai saat ini, belum ada sanksi yang diberlakukan terhadap para pelanggar, tetapi upaya sosialisasi akan terus dilakukan agar truk-truk ini tidak melintas pada jam-jam yang tidak diizinkan.

“Selama ini kita lebih fokus pada sosialisasi. Kami tidak akan memberikan sanksi jika mereka tidak melanggar aturan. Namun, jika mereka patuh dengan peraturan yang ada, maka tidak ada masalah jika mereka memasuki kota pada pukul 22.00 WIB,” demikian penjelasan dari Dishub Kota Bekasi. (Fahmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini