Mengenal Tokek, Kadal yang Hobi Bersarang di Rumah Penduduk

infobekasi.co.id- Siapa yang tidak kenal dengan tokek. Binatang dengan nama latin Genus Gekkonini adalah sejenis kadal dari suku Gekkonidae.

Ia kadang suka menempel di tembok rumah, di pintu, bahkan di tempat tersembunyi yang kadang bikin kaget pemilik rumah.

Tokek biasanya ditemui di dalam rumah, bisa di loteng, tembok, bahkan di lubang bambu dan pepohonan. Binatang seram bermata merah ini memiliki bunyi yang unik.

Ada yang bilang, kalau rumah ada binatang Tokek, jin pada kabur, tidak betah. Percaya atau tidak, itu bagian dari kearifan lokal di wilayah setempat, termasuk di Bekasi.

“Tekek, tekek, tekek,” begitu saat Tokek yang lebih sering berbunyi di malam hari.

Binatang berkulit kasar ini, kadang suka menjadi candaan masyarakat. Saat berbunyi, biasanya masyarakat bikin tebakan. Jika berbunyi dua kali, bahkan lebih.

Ada juga masyarakat yang mengincar Tokek untuk hoki bahkan dijual kepada sang kolektor. Harganya pun sempat viral menembus jutaan rupiah. Tentu dengan spesifikasi jenis dan ukuran yang ditetapkan sang pembeli.

Selain itu, binatang Tokek ini juga bisa dijadikan obat herbal cina dan konon katanya mujarab untuk kesembuhan dari beberapa jenis macam penyakit.

Tokek dipercaya dapat mengobati asma, penyakit kulit dan menambah stamina. Bahkan menurut penelitian, daging tokek juga dapat menambah kekebalan tubuh, dan juga membantu menghancurkan sel-sel tumor maupun kanker. Biasanya daging Tokek ini dikemas dalam bentuk pil, atau digoreng.

Nah, jika di rumah kalian dihuni Tokek silahkan berkomentar tentang pengalaman dan apa saja keunikan dari binatang tersebut.

Deros/Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini