Mahasiswa STAI Indo Jakarta Media Visit ke Dapur Redaksi Infobekasi

infobekasi.co.id – Mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (STAI) Indo Jakarta menyambangi ruang redaksi infobekasi.co.id. Mereka ingin tahu tentang kerja jurnalis dalam mencari dan menayangkan sebuah berita, serta menguak di balik layar profesi seorang jurnalis.

“Dalam kerja jurnalistik musti ada konfirmasi dan klarifikasi oleh narasumber sebuah berita yang bakal ditulis,” jelas Pimpinan Redaksi infobekasi.co.id, Adi Warsono, di hadapan para mahasiswa STAI Indo Jakarta, di Kedai Kopi Prambanan, Rawalubu, Bekasi, Jumat (27/10/23).

Terkait kode etik jurnalistik, Adi Trobas menjelaskan, diantaranya sebuah berita itu faktual, berimbang (cover boat side), tidak mengandung unsur SARA.

“Intinya jurnalis musti punya data yang akurat, cek and kroscek. Jangan ada penggiringan opini. Wartawan itu netral, tidak memihak. Memberitakan sesuai fakta dan data,” tandasnya.

“Terkait bahasa jurnalistik, usahakan memakai bahasa yang mudah dipahami, tidak ambigu,” sambung Adi Trobas.

Untuk judul berita, Ia mengatakan, judul berita mempengaruhi index berita di mesin pencari google (pencarian kata). Semakin terdeteksi dan populer sebuah berita, maka otomatis berita yang ditulis menempati tingkat rating berita tersebut.

“Usahakan judul berita semenarik mungkin, simpel, pakai kata bahasa yang mudah dipahami pembaca,” ujar pria yang belasan tahun bergelut di dunia wartawan ini.

Dalam media visit kali ini, para mahasiswa dan mahasiswi STAI Indo Jakarta adalah jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dari semester 3 hingga semester 5.

Sementara dari pihak redaksi infobekasi hadir Pimred Infobekasi, Adi Trobas, Redaktur Utama infobekasi Dede Rosyadi.

(Deros)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini