Cegah Stunting, Puskesmas Pebayuran Bakal Luncurkan Inovasi Sambal Lada

infobekasi.co.id – Puskesmas Pebayuran bakal meluncurkan program inovasi bernama Sambel Lada (Stunting Akan Musnah Bersama Elemen Lintas Sektor, Langkah Amankan Daerah Pebayuran).

Kepala UPTD Puskesmas Pebayuran, Umar Iskandar mengatakan, program Inovasi Sambel Lada ini merupakan wujud dan komitmen bersama bertujuan menciptakan dan melahirkan generasi sehat dan berkualitas agar terhindar dari stunting.

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin terhadap remaja putri, agar dapat melahirkan anak dengan pertumbuhan yang maksimal, ketika menjadi ibu.

“Dimulai dari pemilihan calon pasangan pengantin dengan melakukan pemeriksaan kesehatannya dan pemberian imunisasinya. Kemudian setelah menikah, melakukan pemeriksaan kehamilannya sampai melahirkan dan setelah lahir diberikan makan dan minumnya sesuai dengan porsinya, disarankan seperti diberikan ASI,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Pebayuran, Umar Iskandar,Selasa (07/11/2023) kemarin.

Umar juga menjelaskan, mengatasi stunting pada anak merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh elemen lintas sektor, terutama masyarakat agar stunting dapat teratasi secepat mungkin. Mengingat penanggulangan stunting menjadi salah satu target utama Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Tentu itu tidak mudah, perlu adanya kerjasama dari semua elemen lintas sektor. Dimulai dari pasangan itu sendiri, RT/RW, desa atau kelurahan, kecamatan dan elemen lintas sektor lainnya terutama pada masyarakat secara umum agar ke depannya stunting bisa teratasi,” katanya.

“Alhamdulillah hubungan kami sangat erat dengan semua lintas sektor dan kita bergandengan dengan semuanya dalam penanggulangan stunting ini,” sambung Umar seperti dilansir infobekasi dari bekasikab.go.id.

Melalui kolaborasi lintas sektor ini, diharapkan dengan hadirnya inovasi Sambel Lada ini bisa sesegera mungkin menekan angka stunting di wilayah Pebayuran. Sehingga, nantinya bisa berjalan sesuai target dan harapan yakni zero stunting (nol stunting).

“Mudah-mudahan secepatnya ya, kita terus berupaya supaya di wilayah Pebayuran ini zero stunting. Dengan adanya inovasi ini semoga bisa tercapai,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini