Mahalnya Ongkos Mudik Demi Lebaran di Kampung Halaman

infobekasi.co.id – Mudik lebaran menjadi tradisi sebagian masyarakat Indonesia. Khususnya bagi mereka yang merantau di Jakarta dan sekitarnya. Melepas rindu setelah bekerja di Ibu Kota.

Momen mudik menjadi yang dinantikan, sekaligus melepas rindu bertemu sanak saudara dan keluarga di kampung halaman. Namun, tidak semua pemudik memiliki cukup modal (uang).

Hal itu dirasakan Rahmat, pemudik asal Lampung, Sumatra. Ia rela merogoh kocek sebesar Rp800 rupiah sekali berangkat mudik ke kampung halamannya.

“Malam ini saya mau mudik. Udah pesan tiket, lumayan juga ongkosnya Rp800 ribu sekali berangkat naik bus,” tutur Rahmat, saat ini tinggal di Kaliabang Tengah, Kota Bekasi, pada Selasa (2/0424) dini hari.

Ia mengaku sudah mencari tiket murah di berbagai agen bus tujuan Sumatera. Namun, saat lebaran harga tiket melambung tinggi. Mau tidak mau, pria berambut gondrong ini memesan tiket mudik demi melepas rindu bertemu keluarga.

“Mau gimana lagi. Yudah saya pesan ajah tiket, yang penting bisa mudik, ketemu orang tua di kampung,” seloroh Rahmat sambil menghisap sebatang rokok kretek saat berbincang dengan jurnalis infobekasi.

Ongkos yang mahal, tidak menyurutkan dirinya lebaran di kamung halaman. Belum lagi, saat tiba di kampung. Sanak saudara menanti salam tempel. Perantau di Jakarta dan sekitarnya dianggap sudah sukses, padahal tidak semua demikian.

“Belum lagi pas sampai kampung, kita lebaran kan bagi-bagi rezeki ke saudara-saudara. Selain nyiapin ongkos mudik, juga nyiapin (duit) buat lebaran ke sanak saudara,” ungkap Rahmat yang berprofesi sebagai tukang bangunan.

(Deros Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini