Pemkab Bekasi Berencana Kembangkan Pusat Ekonomi di Pesisir Utara

Infobekasi.co.id – Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, pemerintah berencana mengembangkan pusat perekonomian di pesisir utara demi memeratakan pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat. Pemerintah daerah telah berkonsultasi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta pada Kamis kemarin.

Dani mengatakan, ada lima kecamatan dengan 18 desa yang menjadi sasaran program pemerintah daerah. Kelima kecamatan itu Kecamatan Muaragembong, Kecamatan Tarumajaya, Kecamatan Babelan, Kecamatan Sukawangi, dan Kecamatan Tambelang.

“Kami diterima oleh Kemenko Perekonomian untuk menyampaikan gagasan kita dalam pengembangan pesisir utara di 5 kecamatan, yang di sana ternyata kondisi eksistingnya saat ini dinilai sebagai daerah yang masih tertinggal,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat, 5 April 2025.

Menurut dia, perlunya pengembangan kawasan perekonomian di lima wilayah tersebut karena angka kemiskinannya tinggi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rendah, angka pengangguran meningkat, dan sudah terjadi kerusakan kondisi lingkungan yang cukup parah, sehingga pertumbuhan ekonominya tersendat.

“Tentu perlu perhatian khusus dan penanganan yang serius,” katanya.

Untuk itu, dijelaskannya bahwa Pemkab Bekasi akan mengembangkan pusat kegiatan ekonomi kemaritiman berbasis pesisir, yang nantinya akan dibangun industri maritim, pelabuhan, hutan lindung konservasi, budidaya tanaman pangan, budidaya perikanan, dan mangrove.

Selain itu, Dani Ramdan juga menjelaskan akan dibangun pula pariwisata, dan pemukiman perkotaan yang mengusung konsep waterfront city atau kota dengan pemandangan laut.

“Tentunya akan mendatangkan nilai ekonomi dan investasi di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Pembangunan dan pengembangan tersebut didasari dengan adanya keinginan untuk memajukan kawasan utara dari segi ekonomi, menjaga lingkungan yang berfungsi sebagai konservasi hutan lindung, serta perbaikan ekologi. Dengan begitu, akan menciptakan iklim investasi baru, hingga menciptakan lapangan pekerjaan yang luas.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian merespon positif gagasan yang telah disampaikan, dengan harapan pembangunan ini bisa terwujud dengan optimal sambil menunggu koordinasi dan dukungan dari instansi lintas sektor terkait lainnya. (adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini