Everton Hajar MU 3-0

ori1Everton meraih kemenangan 3-0 yang layak mereka dapatkan atas Manchester United di Goodison Park, sebagaimana taktik Roberto Martinez sukses mempecundangi permainan Louis van Gaal.

Manajer Everton harus membuktikan dirinya selama ujian berat di paruh kedua musim ini di tim Merseyside, namun pelatih asal Spanyol tersebut mempergunakan taktik yang tepat untuk merengkuh kemenangan yang sangat mereka butuhkan pada hari Minggu, berkat gol dari James McCarthy, John Stones dan Kevin Mirallas.

Dengan mengikuti kemenangan Chelsea atas United pekan lalu, Everton tampil bertahan di kedalaman, yang memungkinkan tim tamu untuk mendominasi penguasaan bola, sebelum memperlihatkan serangan balik yang cepat lewat Aaron Lennon, Ross Barkley dan Romelu Lukaku.

Seperti dilansir premierleague.com, gol pembuka Everton di menit kelima lahir melalui serangan counter yang cepat, saat McCarthy menyelesaikan sentuhan akhir yang luar biasa hasil pergerakan tim yang ia mulai sendiri.

Gol kedua tuan rumah juga terjadi setelah tertekan terlebih dahulu oleh tim United, kali ini Stones yang menanduk bola dari tiang dekat hasil tendangan penjuru Leighton Baines, yang membuat Everton unggul dua gol setelah hanya 35 menit laga berlangsung.

Van Gaal kemudian memperkenalkan Radamel Falcao untuk menggantikan Marouane Fellaini di saat jeda, dimana ia membuang-buang peluang terbaik United pada laga tersebut, dalam upaya untuk mempertajam lini serang timnya. Namun hal itu kurang berpengaruh terhadap jalannya pertandingan. Pemain pengganti Everton, Mirallas, memastikan skor 16 menit sebelum laga usai sekaligus mengutuk United untuk kekalahan kedua mereka secara berturut-turut, dan merupakan yang pertama sejak Desember 2013, serta kekalahan terberat mereka di Barclays Premier League semenjak diasuh oleh Van Gaal.

United mengambil inisiatif serangan sejak awal laga, tetapi terperangkap oleh serangan cepat Everton setelah empat menit. McCarthy memulai pergerakan tim dengan mengalirkan bola melebar kepada Seamus Coleman, yang mana umpan nya tidak mampu disapu dengan sempurna oleh Daley Blind yang telah kembali ke skuad United. McCarthy lalu mengambil bola lepas tersebut, dan melewati dua hadangan pemain, Blind dan Paddy McNair, sebelum melancarkan tembakan rendah melampaui David de Gea.

Fellaini bisa saja menandai penampilan pertamanya di Goodison sebagai pemain lawan, dengan langsung memberikan gol penyeimbang, namun gelandang Belgia tersebut tidak dapat memaksimalkan tendangannya saat hanya tinggal berhadapan dengan Tim Howard, setelah berhasil mencuri bola dari penguasaan Gareth Barry.

Pihak Van Gaal terus menjajaki tim lawan, akan tapi dengan segala dominasi bola yang mereka tampilkan, mereka justru tertinggal 2-0 ketika babak pertama menyisakan 10 menit, saat Stones sukses memetik gol pertamanya bagi Everton berkat pengiriman Baines.

Arah permainan di babak pertama tetap tidak berubah setelah rehat, meskipun Van Gaal menurunkan Falcao dan Angel di Maria, United tetap kesulitan di daerah pertahanan lawan.

Sebaliknya, Everton lagi-lagi menjebol gawang United melalui serangan balik yang diawali dengan umpan Barkley yang sebetulnya dialamatkan kepada Lukaku yang dikira dalam posisi offside, namun Mirallas tetap mengejar bola dapat menceploskannya si kulit bundar melewati De Gea di dekat tiang gawang.

Selanjutnya, Mirallas memaksa De Gea melakukan penyelamatan gemilang sebagaimana dirinya berupaya untuk tetap menjaga skor agar tidak tertinggal lebih jauh lagi, di lima menit waktu tersisa.

Kesempatan langka diperoleh kubu Van Gaal, dengan Robin van Persie yang baru diperkenalkan setelah dua bulan absen karena cedera, menggantikan Wayne Rooney yang tampak terpincang-pincang, namun walaupun dengan pergantian pemain, malam itu tetap menjadi milik Martinez.

Tempat United di empat besar, yang diperkirakan aman pasca kemenangan derby atas Manchester City, ternyata masih belum terjamin. Mereka tetap dengan raihan 65 poin, dan tujuh poin di atas Liverpool, yang berada satu tempat di bawah posisi kelima, dengan memainkan satu pertandingan lebih.

Everton sementara itu, menggeser West Ham United dari tempat kesepuluh klasemen dengan total 44 poin. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini