Bekasi Coldblooded Community Ubah Pandangan Masyarakat Tentang Reptil

IMG-20150503-WA0003Reptil biasanya menjadi hewan yang menakutkan bagi sebagian orang. Jangankan memelihara, menyentuhnya pun bisa jadi sesuatu yang menakutkan.

Untuk mengubah pandangan itu, Bekasi Coldblooded Community (BCC) dengan rutin menggiatkan sosialisasi hewan reptil dan amphibi ke masyarakat secara luas.

“Kalau kegiatan rutin mingguan kami biasa kumpul di Car Free Day sekaligus untuk edukasi masyarakat awam tentang pandangannya terhadap reptil. Biasanya kan masih pada takut, nah disini kami mencoba menjelaskan kalau nggak semua reptil berbahaya,” papar Wakil Ketua BCC, Dika, kepada infobekasi.co.id.

“Contohnya ular. Nggak semuanya berbisa. Bahkan kami di BCC tidak merekomendasikan ular berbisa untuk dipelihara,” sambungnya.

Dika menyampaikan, edukasi yang dilakukan bukan hanya sekedar sosialisasi di Car Free Day tapi juga langsung ke sekolah-sekolah. “Kami biasanya edukasi ke TK untuk mencoba mengenalkan reptil sejak dini. Sejauh ini kegiatan kami selalu didukung pihak sekolah,” tambahnya.

Selain itu, event-event seperti pameran reptil juga kerap diadakan oleh BCC. “Bulan Januari kemarin kami memecahkan rekor muri karena menghadirkan 1000 reptil di salah satu Mall di Bekasi,” ungkapnya.

Komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini telah beranggotakan sekitar 50 pecinta hewan.

“Hewan yang dipelihara disini mulai dari penyu, ular, Varanus atau Biawak, dan beberapa jenis reptil lainnya. Yang paling istimewa itu kami punya ular phyton sepanjang 5meter, juga beberapa jenis Varanus,” ujarnya.

Dika berharap, dengan  adanya komunitas ini bisa menyatukan para pecinta reptil dan bisa terus mengedukasi masyarakat awam tenteng pandangan terhadap reptil.

“Setiap kumpul kami ingin selalu ada hasil, minimal orang awam bisa lebih mengerti tentang reptil. Selain itu, dengan kumpul orang jadi tahuvkeberadaan kami dan yang tertarik bisa langsung bergabung di komunitas,” tutupnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini