Waw Apple Bantu Ilmuwan Kumpulkan DNA Pengguna

DNA StrandsPerusahaan teknologi, Apple bekerjasama dengan para ilmuwan untuk mengumpulkan DNA pengguna untuk keperluan penelitian medis. Melalui sebuah ‘alat’ baru Apple yakni Researchkit.

Sebagaimana laporan MIT Technology seperti dikutip inilah.com, ResearchKit tidak akan mengambil DNA, melainkan para pengguna mengumpulkan data kesehatan tentang diri mereka sendiri dan mengirimnya ke ilmuwan untuk diteliti.

Lima aplikasi awal dalam ResearchKit mengumpulkan data mengenai penyakit asma, parkinson, kanker payudara, diabetes, dan kesehatan jantung.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan basis yang luas menginstal Apple untuk memberikan peneliti akses yang jauh lebih luas.

Apple kini berencana untuk memperluas ruang lingkup dengan mengumpulkan DNA pengguna sehingga dapat digunakan untuk tujuan penelitian.

Salah satu penelitian awal akan mempelajari penyebab kelahiran prematur dengan menggabungkan tes gen dengan data lain yang dikumpulkan pada ponsel ibu hamil.

Ini bukan kali pertama pemanfaatan teknologi modern untuk memperluas ruang lingkup penelitian DNA. Awal tahun ini terdapat Genes For Good, studi medis yang menggunakan aplikasi Facebook untuk menarik pengguna. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini