Wujudkan Smart City, Pemkot Uji Coba Smart Parking

20150507_100148Bekasi Selatan – Juli hingga Desember 2015 mendatang Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan melakukan uji coba konsep parkir on street parking dan off street parking. Dalam uji coba ini Pemkot Bekasi akan memberlakukan di 4 lokasi.

Usai apel pagi Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman mengatakan, konsep smart parkir merupakan salah satu bentuk konsep smart city Bekasi.

”Tinggal pelaksanaan uji coba smart parking,” kata Supandi.

Menurut Kepala Seksi Perencanaan infrastruktur Kota Yudi smart parkiing sebagai salah satu jalan menjawab kritik atas kebocoran retribusi parkir. Dengan sistem ini seluruh kendaraan yang parkir akan terdetek dengan sistem parker meter tersebut.

“Ada server yang mengawasi di sistem parkir meter,” ujarnya.

Selain untuk mengoptimalkan retribusi parkir pada PAD, Yudi juga menambahkan jika ini sebagai salah satu bentuk aplikasi konsep smart city. Parkir meter ini masuk dalam program smart parking yang sudah dicanangkan oleh Pemkot Bekasi awal tahun lalu.

”Uji coba on street parking ada dua lokasi yakni terletak di Galaksi Bekasi Selatan dan Jalan Ir H Juanda Bekasi Timur,” kata, Yudi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini