Juni, Tiongkok Punya Jembatan Terpanjang dan Tertinggi di Dunia

CNN Indonesia
Jembaran kaca terpanjang dan tertinggi di dunia di Zhangjiajie Grand Canyon, Tiongkok (Dok. Haim Dotan Ltd via CNN Indonesia)

Bulan Juni mendatang, Tiongkok akan memiliki jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia. Jembatan tersebut akan meregang sepanjang 430 meter dengan lebar 6 meter, dan melayang vertikal di atas 300 meter, seperti dilansir dari laman CNN.

Itu lebih tinggi dari Grand Canyon Skywalk di Amerika Serikat yang dibangun sepanjang 21 meter dan berdiri 219 meter di atas lantai ngarai. Sementara, Canada’s Glacier Skywalk di Alberta yang dibuka tahun lalu, dibangun sepanjang 35 meter dari tebing dengan ketinggian 300 meter.

Dilansir CNN Indonesia, jembatan tersebut akan berada di taman nasional Zhangjiajie, di Provinsi Hunan, Tiongkok. Jembatan kaca di Zhangjiajie Grand Canyon dirancang oleh arsitek Israel, Haim Dotan, yang juga berperan di balik Expo 2010 Shanghai’s Israel Pavilion.

Dotan mengatakan jembatan kaca tersebut akan berfungsi sebagai landasan untuk fashion show dan mampu menampung hingga 800 orang sekaligus.

Skywalk dari Zhangjiajie Grand Canyon juga akan menawarkan bungee jump tertinggi di dunia, mencuri gelar dari atraksi Macau Tower setinggi 233 meter.

Zhangjiajie merupakan taman wisata seluas 56 kilometer persegi yang berada di dalam kawasan Wulingyuan Scenic. Taman ini sudah dibuka sejak 2009 dan dikatakan telah menjadi inspirasi di balik planet Pandoran yang indah dalam film Avatar. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini