#DiskusiLesehan: “Makin Kesini, Reformasi Semakin Tidak Jelas”

CF8Eua9VIAAg3nG.jpg large

Bekasi Utara – Cita-cita reformasi yang 17 tahun lalu digaung-gaungkan kini tampaknya belum sepenuhnya tercapai. Justru, reformasi seharusnya dijadikan sebuah proses, bukan tujuan akhir.

Demikian salah satu isi pembahasan dalam diskusi publik yang bertajuk #DiskusiLesehan dengan tema ‘Mewujudkan Cita-cita Reformasi’, di Pelataran Lobi Kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Selasa (26/5) malam.

Acara yang digagas oleh Departemen Kajian dan Aksi Strategis, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi UBJ ini, menghadirkan narasumber Dosen Ilmu Politik UBJ, Diah Ayu Permatasari dan Novrian, Dosen dan mantan aktivis di masanya.

“Jadikanlah reformasi sebagai momentum perubahan untuk kita menjalakan kehidupan bernegara yang lebih baik, meskipun saat ini masih banyak yang harus diperbaiki dari berbagai aspek, maka dari itu reformasi tepatnya adalah proses bukan tujuan akhir, dan jangan sampai kita jadi korban dari proses, jadilah penggerak proses itu,” ujar Novrian.

Di sisi lain reformasi makin ke sini semakin tidak jelas. Hal demikian terjadi sebab setiap lima tahun sekali, pucuk pimpinan berganti, artinya segala kebijakan dan program pemerintahan ada yang belum terselesaikan. “Tidak ada tokoh kita yang berdiri diatas kepentingan negara, semua berdiri di atas kepentingan kelompok-kelompoknya,” tambahnya

Diah Ayu Permatasari menambahkan, reformasi yang menurutnya adalah pergerakan ke arah yang lebih baik untuk membentuk karakter bangsa, harus menjadi sebuah renungan dan refleksi apa yang dapat kita (mahasiswa) lakukan untuk bangsa ini.

“Kita adalah agent of change, banyak kontribusi yang bisa kita berikan kepada bangsa. Mengenai reformasi itu sendiri, itu adalah sebuah proses, jadi kita harus tahu sampai kapan proses itu berjalan? Apakah kita hanya mau berproses terus tanpa mencapai tujuan akhir yang sesungguhnya?,” kata dia. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini