Mengapa Korsleting Meyebabkan Kebakaran ?

fire-houseHubungan pendek atau korsleting (dari bahasa Belanda kortsluiting) adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Mengapa korsleting listrik dapat memicu terjadinya ledakan bahkan kebakaran hebat. Secara teknis, hubungan pendek terjadi ketika konduktor yang ada didalam kabel saling berhubungan satu sama lain. Kondisi ini akan memicu terjadinya aliran arus yang sangat besar (short current) . Karena energi yang dilewatkan terlampau besar, maka kabel tak mampu mendisipasi dengan sempurna. Akibatnya, timbullah panas yang berlebih dalam waktu singkat.

Umumnya, fenomena kemunculan panas ini disertai dengan ledakan kuat dengan temperatur yang sangat tinggi. Meski saat ini hampir semua perangkat listrik telah dilengkapi dengan circuit breaker, hal ini tak serta merta menjadikan perangkat kita 100% aman dari resiko hubungan arus pendek. Beberapa fenomena abnormal listrik diduga turut memicu memburuknya respon time dari circuit breaker. Di sini ada beberapa tips yang bisa anda baca dalam mencegah korsleting listik di rumah anda dan coba mulai memperhatikanya dari sekarang, yaitu:

    • Jangan biarkan stop kontak menumpuk pada satu sumber listrik (sekering), sesuaikan dengan daya sambung, jangan pernah lebihkan atau dikurangi.

 

    • Periksa setiap kabel listrik yang terkelupas atau terbuka. Karena itu sangat berbahaya bila terkena benda cair, dan langsung perbaiki atau ganti. Berbahaya juga jika kedua kabel tersebut saling bergesekan.

 

    • Jauhkan listrik dari jangkauan anak-anak dari saklar atau stop kontak, karena anak-anak memegang listrik tanpa mengetahui akibatnya. Lebih baik anda menjaga-jaganya lebih jauh sebelumnya.

 

    • Biasakan mengunakan material listrik seperti kabel atau stop kontak dan steker yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel resmi. Jangan melihat dari murahnya harga barang tersebut tetapi tidak tahan panas dan mudah meledak, tapi carilah yang memang bisa menjaga kekuatan sumber arus listrik pada barang tersebut dan terjamin.

 

    • Belajarlah memperhatikan lingkungan sekitar anda yang berdekatan aliran listrik atau kabel-kabel yang mendekati dan menyentuh jaringan listrik dan jangan pernah coba-coba menyantol listrik dari aliran yang salah dan mengutakatik kWh bila tidak paham juga yang paling sering terjadi jangan coba mencuri aliran listrik secara tidak sah karena berakibat sangat fatal.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini