Hati-Hati! Perempuan Sulung Berpotensi Besar Menjadi Gemuk

belly-fat-in-womenUrutan kelahiran ternyata berpengaruh terhadap berat badan. Berdasarkan temuan penelitian terbaru di Swedia, perempuan sulung memiliki peluang lebih besar mengalami obesitas dibandingkan saudara perempuan yang lahir kedua,
Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Auckland dan Universitas Uppsala di Swedia adalah studi terbesar dari jenisnya dan diterbitkan dalam Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat. Studi ini meneliti berat badan lebih dari 13 ribu pasang saudara perempuan. Para peneliti menemukan bahwa urutan kelahiran memainkan peran penting dalam menentukan berat badan.

Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Daftar Kelahiran Swedia dari kurun 1991 sampai 2009. Para peneliti mengukur berat dan tinggi pasangan perempuan adik dan kakak sejak kunjungan kehamilan pertama ibu mereka. Para ahli juga mencatat informasi tentang kesehatan, gaya hidup, dan riwayat keluarga.

Hasil penelitian tersebut menemukan, saudara perempuan yang lahir pertama memiliki 2,4 persen Indeks Massa Tubuh yang lebih tinggi yakni 0,57 kilogram, dibandingkan dengan adik perempuan yang lahir urutan kedua. Si sulung juga memiliki peningkatan peluang sebesar 29 persen untuk mengalami kelebihan berat badan, dan 40 persen peningkatan peluang menjadi gemuk. Sebelumnya juga sudah ada penelitian pola serupa terhadap urutan kelahiran laki-laki.

“Studi kami menguatkan penelitian besar lainnya yang dilakukan terhadap laki-laki, seperti yang kami temukan bahwa perempuan sulung memiliki indeks massa tubuh lebih besar dan lebih mungkin kelebihan berat badan atau obesitas daripada saudara perempuan kedua mereka yang lahir,” paparnya.

Selama periode 18 tahun, para ahli menemukan bahwa indeks massa tubuh meningkat sebesar 0,11 kilogram setiap tahun.

“Penurunan yang stabil dalam ukuran keluarga dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan BMI orang dewasa di seluruh dunia yang diamati, tidak hanya di kalangan laki-laki tapi juga di kalangan perempuan,” tambahnya.

Dalam jangka panjangnya, saudara sulung bisa lebih berisiko mengalami masalah kesehatan, contohnya diabetes dan tekanan darah tinggi, dibandingkan saudara kandung mereka yang lain, kata para peneliti. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini