Ternyata Menonton Film Cengeng Baik Untuk Kesehatan

Sad-movie-300x200Sebuah studi baru menemukan bahwa menonton film yang bisa memecah tangis, meningkatkan suasana hati penontonnya selama 90 menit setelah film berakhir. Hal tersebut karena menangis bisa membuat orang merasa lebih baik.

Asmir Gracanin dari Universitas Tilburg di Belanda dan timnya merekam sekelompok peserta yang menonton film bermuatan emosional berjudul “Life is Beautiful” (La vita e bella) dan Hachi: A Tale Dog. Dua film yang diputar di hadapan 60 peserta studi diketahui sebagai film yang mengharukan. Para peneliti meneliti efek menangis para peserta dalam pengaturan laboratorium yang terkendali untuk melihat ungkapan suasana hati.

Usai pemutaran film didapati 28 peserta yang menangis dan 32 yang tidak meneteskan air mata. Setelah itu kemudian mereka diminta untuk mengungkapkan perasaan mereka dan menilai suasana hati mereka pada menit ke 20 dan 90.

Hasil penelitian didapatkan bahwa mereka yang tidak menangis suasana hatinya tidak berubah. Sedangkan bagi mereka yang menangis setelah menonton film suasana hati mereka mengalami penurunan. Dalam waktu 20 menit, suasana hati mereka kembali ke tingkat sebelum film diputar.

Penelitian berikutnya, setelah 90 menit, mereka yang menangis merasakan mood yang lebih baik daripada sebelum film dimulai. Pergeseran suasana hati seperti itu, tidak terikat dengan berapa kali mereka menangis selama pemutaran film.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Springer Motivation and Emotion, seperti yang dilansir dari Zeenews, penurunan suasana hati dan kembalinya emosi ke tingkat sebelumnya bisa membuat mereka yang menangis merasa seolah-olah mereka berada dalam suasana hati yang lebih baik setelah mereka telah mengucurkan air mata. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini