Folder Air Arenjaya Digagas Jadi Kawasan Kuliner

lurah aren jayaBEKASI TIMUR – Folder air seluas 2,8 hektar yang berada di RW 04 Kelurahan Aren Jaya akan dijadikan sebagai lokasi kawasan kuliner dan pasar tradisional setelah rampung pengerjaan. Hal ini dikatakan oleh Lurah Aren Jaya, Toto Yulianto, Senin (25/1).

Dikatakan Toto bahwa rencana tersebut juga dimaksudkan untuk menambah pendapatan daerah serta mendorong roda perekonomian warga sekitar.

“Jadinya nanti mau dibuat kawasan kuliner. Karena lokasi itu cukup efektif untuk dijadikan sarana ekonomi. Ada wacana mau dijadikan sebagai tempat wisata juga,” tuturnya kepada Radar Bekasi, kemarin.

Selain itu, folder air tersebut juga berfungsi untuk menampung debit air buangan dari Perumnas III Kelurahan Arenjaya, dan Perumahan Wisma Jaya Kelurahan Durenjaya yang selama ini menggenang dan tentunya menggannggu jalannya roda ekonomi dan aktivitas warga.

Lanjut dia, folder air tersebut akan terus dilanjutkan pembangunannya termasuk merapikan inlet (hulu) dan outlet (hilir) pada folder. Karena pada hilir, folder dinilai masih sangat diperlukan dan harus berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten Bekasi terkait pelebaran saluran dan normalisasi.

Toto menambahkan bahwa pembangunan folder Arenjaya ini akan diawasi sampai selesai termasuk melibatkan masyarakat bersama-sama untuk mengelola folder nantinya.

Sampai saat ini, pembangunan pada folder Arenjaya masih berlangsung sekitar 50% dan dengan dana sebesar Rp 15 miliar dari APBD 2015 lalu. Sisanya akan menggunakan dana dari APBD 2016 sebesar Rp 20 Milyar.

“Rencananya ini akan memakan waktu 2 tahun. Pembuatan folder ini juga didukung penuh oleh Pemerintah Kota Bekasi, Disbimarta dan anggota DPRD. Diperkirakan masih membutuhkan dana sebesar 20 M lagi untuk penyelesaiannya. Saya harap bisa bermanfaat bagi banyak masyarakat,” pungkasnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini