32 RS Bekasi Sediakan Jaminan Kecelakaan Lalu Lintas Jasa Raharja

140611036110614-RSUDBekasiBEKASI SELATAN – Sebanyak 32 rumah sakit di Kota Bekasi kini telah bekerja sama dalam menyediakan program jaminan kecelakaan lalu lintas Jasa Raharja. Hal itu diungkapkan oleh Pimpinan Cabang Jasa Raharja Jawa Barat, Delya Indra, saat ditemui infobekasi.co.id usai agenda penandatangan MoU antara Polresta Bekasi Kota, Jasa Raharja dan rumah sakit rujukan, Kamis (04/02).

“Hari ini kita penandatanganan dengan 14 Rumah sakit, yang artinya saat ini sudah ada 32 rumah sakit di Kota Bekasi yang bekerja sama, dan 126 RS se-Jawa Barat. Kita ingin semua masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas jangan ragu lagi untuk datang ke RS dan mengurus santunan Jasa Raharja, karena ini sudah dilakukan kerja sama,” ujar Delya.

Besarnya santunan yang diberikan, lanjut Delya, berupa pembiayaan perawatan sebesar maksimal Rp 10 juta perorang. Sementara besaran untuk korban meninggal dan cacat tetap adalah Rp 25 juta.

“Kalau misalkan biaya perawatannya lebih dari Rp 10 juta, langsung bisa disambung ke layanan BPJS,” imbuhnya.

Delya menjelaskan, cara untuk mengklaim jaminan kecelakaan Jasa Raharja ialah dengan melapor ke pihak kepolisian terdekat, lalu polisi akan melakukan penyelidikan. Selanjutnya, korban dapat melengkapi dokumen seperti KTP dan KK untuk permohonan jaminan.

“Dengan kerja sama ini, kami mendorong rumah sakit lain untuk kerja sama. Kami harap semua nantinya bisa kerja sama,” kata dia.

Sepanjang 2015, Delya mengungkap bahwa telah ada klaim atas jaminan kecelakaan lalu lintas sebanyak Rp 19.9 milyar.

Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu, menuturkan rasa apresiasinya terhadap nota kesepakatan yang telah ditandatangani tersebut. Menurutnya, dengan adanya kerja sama ini dapat membangun Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

“Saya apresiasi kerja sama ini. Dan dengan adanya ini kita sedang membangun SPGDT. Sehingga ini akan mempercepat proses penanganan di kegawatdaruratan,” pungkasnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini