Bahaya Diet yang Dilakukan Secara Sembarang

diet-ekstrimKebanyakan peremuan berpikir bahwa tubuh yang indah adalah tubuh yang langsing. Maka dari itu semua cara untuk menjadi langsing dilakukan, dan dilakukan secara sembarang. Namun mereka yang melakukan diet seperti ini tidak berpikir bahwa hal tersebut sangatlah berbahaya bagi tubuh.

Ketika diet, banyak yang mengurangi konsumsi karbohidrat, atau bahkan banyak pula yang tidak mengonsumsi sama sekali. Mereka hanya mengonsumsi sayuran, seperti misalnya selada. Tapi biasanya pula orang-orang yang sedang berdiet ini tetap mengonsumsi makanan yang instan, yang pada umumnya memiliki kandungan lemak tinggi. Artinya, mereka memasukkan kalori dalam jumlah yang tinggi, dan ini justru berpotensi untuk meningkatkan berat badan.

Sebagian besar orang berpikir bahwa diet karbohidrat dan menambahkan jumlah protein yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan membakar lemak dengan cepat dan berlebih. Pandangan yang seperti ini justru salah. Karena jika dilakukan terus menerus, maka tubuh akan mengubah protein tersebut ke dalam glukosa sebagai sumber energi. Protein diambil melalui otot, dan membuat tubuh kekurangan massa ototnya. Organ-organ tubuh juga akan berpotensi kehilangan kemampuan untuk bekerja dengan optimal.

Diet yang tidak sehat dan terlalu ketat akan menyebabkan kulit menjadi keriput, sehingga terlihat menjadi seperti tua. Bagaimanapun juga lemak dibutuhkan oleh tubuh. Dalam jumlah tertentu, lemak bermanfaat untuk menjaga kehalusan dan mengisi ruang-ruang yang terdapat di bawah kulit. Begitu juga dengan vitamin dengan unsur-unsurnya.

Diet yang tidak dikontrol dengan baik akan menyebabkan tubuh kehilangan gizi karena tidak diasup dengan karbohidrat, kalsium, protein, dan zat gizi lainnya. Hal ini akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh jadi melemah, dan akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti batu empedu, rambut yang rontok secara berlebihan, dan gangguan kesehatan lainnya.

Berhati-hatilah ketika anda melakukan diet. Karena jika salah langkah, maka berat tubuh anda akan naik dua kali lipat. Memang pada awalnya berat badan anda akan turun, namun ini tidak akan bertahan lama. Berat badan anda akan naik kembali, bahkan dua kali lipat dari berat badan anda yang sebelumnya. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jadi, alangkah baiknya jika anda ingin menjadi langsing, konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli kesehatan. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini