Ini Alasan Hari Pers Nasional Dirayakan di Lombok

lombokTepat pada hari ini, 9 Februari 2016, dihadiri sekitar 2.000 insan pers dari seluruh Indonesia yang terbentuk anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Memperingati Hari Pers Nasional yang diselenggarakan di Lombok (NTB). Puncak acaranya akan berlangsung di Pantai Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Alasan mengapa Hari Pers Nasional diselenggarakan di Lombok, yakni karena Lombok merupakan bagian dari wajah Indonesia Timur yang memiliki potensi luar biasa, baik potensi alamnya, maupun potensi wisata yang akan diberdayakan secara maksimal.

Dengan keberadaan para insan jurnalis ini, diharapkan dapat membantu mengembangkan Lombok secara optimal, tentunya dengan campur tangan Pemerintah daerah Nusa Tengga Barat. Karenanya berbagai langkah ditempuh dengan mengajak pihak terkait, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta para stakeholder dari kalangan BUMN. Tujuannya tidak lain adalah untuk mensukseskan program yang dimaksud.

Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi, berharap penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2016 bisa mengekalkan nama Lombok ke depan dalam sejarah pers Indonesia. Dirinya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan di Pulau Seribu Masjid tersebut.

“Saya berharap Hari Pers Nasional mengekalkan nama Lombok dalam sejarah pers sekarang dan kedepan,” ujarnya di Hotel Lombok Raya seusai memberikan sambutan di acara HPN, Senin (08/02).

Menurutnya, harapan lain yang diinginkan adalah pers nasional bisa terus menyuarakan kebenaran. Sebab, saat dirinya tengah belajar di Mesir pada zaman otoriter Husni Mubarak, kondisi pers disana cenderung dibungkam. Setelah reformasi, angin segar berhembus di dunia jurnalistik. Insan pers bebas berkarya dan mengeluarkan kritiknya tentang berbagai hal, termasuk setiap rezim pemerintah yang berkuasa. Tentu harapannya, dunia pers di Indonesia semakin baik menyajikan fakta di tengah kehidupan berdemokrasi yang makin matang.

Presiden Republik Indonesia, Jokowi, diharapkan berkenan meletakkan batu pertama pembangunan Politeknik Pariwisata NTB, dan mencanangkan nama jalan Pers Nasional di Lombok. (Adm)

Sumber : Okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini