Walikota Bekasi : Stadion Bekasi Akan Dinamakan Stadion Patriot Chandrabhaga

Stadion BekasiBEKASI SELATAN – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan stadion di Jalan Ahmad Yani secara resmi akan dinamakan Stadion Patriot Chandrabhaga mulai tahun ini. Pada 5 Maret 2016, pemerintah Kota Bekasi akan menggelar apel akbar di stadion yang letaknya tidak jauh dari Plaza Pemkot Bekasi ini.

“Nanti kami akan menggelar apel akbar pada 5 Maret 2016. Di apel tersebut akan sekaligus resmikan nama Stadion Patriot Candrabhaga,” kata Rahmat Effendi, Rabu (24/02).

Menurut Rahmat Effendi, nama Patriot diambil berdasarkan sejarah penting Bekasi sebagai tapal batas perjuangan rakyat Indonesia mempertahankan kedaulatan Indonesia dalam perang revolusi.

Ada pun nama Candrabhaga diambil berdasarkan asal usul nama Bekasi. Menurut Filolog Poerbatjaraka, Candra Bhaga adalah awal dari kata Bekasi.

“Candra artinya bulan, sedangkan Bhaga itu bahagia. Dalam bahasa Jawa, bulan adalah Sasi. Jadi pengucapannya lambat laun menjadi Sasi Bhaga atau Bhaga Sasi. Sampai akhirnya Bekasi,” kata walikota Bekasi ini.

Rahmat Effendi berharap penyematan nama Stadion Patriot Candrabhaga bisa menambah semangat warga Kota Bekasi. Di tahun ini, stadion tersebut juga merupakan kado ulang tahun Kota Bekasi yang ke-19.

“Beberapa waktu lalu saya sudah cek ke lapangan. Pembangunan stadion sudah rampung 70 persen,” katanya disela-sela peresmian Jembatan Bambu, Bekasi Timur.

Disatu sisi, Kepala Dinas Pembangun (Disbangkim) Kota Bekasi, Dadang Kinanjar, saat ditemui di ruang kerjanya, turut mengapresiasikan serta menyambut baik usulan penggantian nama Stadion Kota Bekasi menjadi Stadion Patriot Chandrabhaga.

“Jadi mengenai nama yang diusulkan Pak Walikota kita sangat menyambut dengan baik, ada nilai historis dalam penamaan stadion tersebut,” pungkasnya. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini