Enam SMK Ikuti Lomba Robotik Se-Kota Bekasi di SMKN 5

Lomba RobotikBEKASI UTARA – Hari ini (01/03), enam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bekasi, empat dari SMK negeri dan dua dari SMK swasta, mengikuti lomba Robotik se-Kota Bekasi, di SMKN 5 Bekasi. Lomba ini dalam rangka menyambut Hut Kota Bekasi ke-19.

Ketua sanggar elektro Kota Bekasi, sekaligus kepala sekolah SMKN 5 Kota Bekasi, B. Agus Wimbadi, dalam sambutannya mengucapkan permohonan maaf jika masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan lomba ini. Tadinya sekolah SMP dan SMA akan menjadi peserta dalam mengikuti lomba ini. Namun karena tidak ada bidang studinya, maka tidak jadi diikutsertakan.

“Karena SMP dan SMA tidak ada bidang studinya, dan tidak semua SMK di Kota Bekasi mengikuti lomba robotik, sebab tidak semua SMK memiliki jurusan teknik,” katanya, Selasa (01/03).

Lanjut Agus, meski yang mengikuti lomba ini hanya enam peserta, akan tetapi pelaksanaan lomba tetap dilaksanakan.

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini menjadi insprirasi. Siswa menjadi semangat lagi dalam belajarnya, karena Kota Bekasi mempunyai banyak kawasan industri.

Agus berharap, pemenang dalam lomba robotik tingkat SMK se-Kota Bekasi ini bisa mengikuti ajang lomba sejenis, baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional.

“Memang lomba robotik tingkat SMK se Kota Bekasi digelar pertama kalinya”, ujarnya

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah,Ujang Tedi, mengatakan kegiatan lomba robotik ini tentu saja mendapat apresiasi pemerintah Kota Bekasi. Karena kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan untuk menyambut Hut Kota Bekasi ke-19 tahun.

“Saya berharap, dalam kegiatan lomba robotik ini, para siswa bukan hanya memikirkan menjadi pemenang saja, akan tetapi mereka juga harus mengenal dengan peserta dari sekolah SMK lainnya. Bisa bersosialisasi dengan siswa SMK lainnya, agar dapat bertukar pengalaman, baik dalam perakitan robotiknya, pengalaman mengikuti lomba robotik, atau lain sebagainya,” ucapnya.

Menurut Ujang, tentu saja dalam perlombaan ada yang kalah dan ada yang menang. Dan karenanyalah, mereka harus dapat menjaga sportifitas lomba robotik ini.

“Mudah-mudahan lomba robotik ini bisa terselenggara dengan baik, serta harapannya kreatifitas siswa bisa berkembang,” katanya.

Peserta dari enam SMK negeri yakni SMKN 1,2,5,7 dan dari SMK swasta yaitu SMK Taruna Bangsa serta SMK Panjatek.

Dalam perlombaan ini, panitia menyediakan berbagai macam jalur khusus untuk dilewati oleh robot yang ikut serta. Jika robot-robot dapat melewati lintasan tersebut, maka ia akan dianggap sebagai pemenangnya. Dan pemenangnya juga sudah diumumkan pada hari yang sama (01/03).

Nama-nama pemenang lomba robotik tingkat SMK se-Kota Bekasi yakni :

Lomba Robotik untuk Jalur Lin Flower

Juara 1 SMK negeri 2 Kota Bekasi, Juara 2 SMK negeri 2 Kota Bekasi, Juara 3 SMK Panjatek

Lomba Robotik Jalur Sumo

Juara 1 SMK negeri 2 Kota Bekasi, Juara 2 SMK negeri 5 Kota Bekasi, Juara 3 SMK negeri 7 Kota Bekasi

Lomba Robotik Jalur Mouse Trap Tercepat

Juara 1 SMK negeri 2 Kota Bekasi, Juara 2 SMK negeri 5 Kota Bekasi, Juara 3 SMK negeri 7 Kota Bekasi

Lomba Robotik Jalur Mouse Trap Terjauh

Juara 1 SMK negeri 2 Kota Bekasi, Juara 2 SMK Panjatek, Juara 3 SMK negeri 7 Kota Bekasi

Juara Umum ke-1 SMK negeri 2 Kota Bekasi, Juara Umum ke-2 SMK negeri 7 Kota Bekasi. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini