Lagi, Pengedar Uang Palsu Tertangkap!

FOTO UPAL-1Pengedar uang palsu, WH, NH, SH, dan termasuk dua ibu rumah tangga, berinisial TN, dan MM, serta seorang oknum TNI berinisial WR, dibekuk petugas Jatanras Polresta Kota Bekasi, Jumat (18/03) petang.

Dari tangan pelaku, petugas mendapati dua ratus juta rupiah lebih pecahan seratus ribu rupiah, dan lima puluh ribu rupiah. Dari hasil penyelidikan, pelaku mengedarkan uang di wilayah Bekasi, Subang, Solo, dan Semarang, Jawa Tengah.

Pengamat uang dari Bank Indonesia mengatakan, kualitas uang hasil buatan para pelaku termasuk kualitas jelek. Masyarakat bisa membedakan hanya melihat dari lembaran uang palsu tersebut.

Penangkapan para pelaku berawal ketika petugas mendapatkan informasi adanya transaksi penukaran uang, yang dilakukan oleh MM, dengan perbandingan tiga banding satu, di daerah Summarecon, tepatnya di depan rumah makan Bandar Jakarta. Lalu setelah diselidiki, tertangkaplah SH dan TN. Dari mereka didapat uang tunai seratus juta rupiah uang palsu. Setelah dikembangkan kembali, petugas akhirnya dapat menangkap sisa pelaku, yang terdiri dari WH,NH, dan WR, yang berada dalam mobil bersama para pelaku, di daerah Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Sebagai barang bukti, petugas berhasil mengamankan uang palsu dengan total dua ratus lima puluh tiga juta rupiah, berikut sembilan unit telepon genggam, dan dua kartu identitas kemitraan kepolisian. Para pelaku dijerat dengan Pasal 245 KUHP, dengan ancaman lima belas tahun penjara. Sedangkan oknum TNI berinisial WR sudah diserahkan ke Pomad, Bekasi. Kasusnya kini ditangani petugas unit Jatanras Polresta Kota Bekasi. (Tio)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini