Ketahui Bedanya Ayam Kampung dan Ayam Negeri!

AyamBagi anda yang baru belajar memasak perlu tahu mengenai perbedaan antara ayam kampung dengan ayam negeri. Tapi bagi yang sudah sering memasak, apa anda tahu benar mengenai perbedaannya seperti apa, di antara dua jenis ayam ini?

Ayam merupakan salah satu sumber makanan hewani yang disukai oleh banyak orang, karena rasanya yang gurih, dan memasaknya pun mudah. Nah, dilansir dari situs sajiansedap.com, infobekasi akan memberikan keterangan kepada anda mengenai perbedaan antara ayam kampung, dan ayam negeri, seperti yang dimaksud sebelumnya.

Ayam Kampung

Pada umumnya ayam kampung ini tidak disuntik dengan bahan kimia, atau obat tertentu agar terlihat besar. Bobotnya baru akan mencapai 1,5 kg dalam jangka waktu 30-an minggu, sedangkan kandungan gizinya sendiri yakni 246 kkal, protein 37,9 gr, dan lemak 9 gr. Berikut ciri-cirinya :

  1. Punya tubuh yang lebih panjang ketimbang dengan ayam negeri
  2. Dadanya terlihat lebih kurus, dengan tulang dada yang menonjol, dan kulit dadanya ini keriput
  3. Warna kulit yang gelap dan tipis
  4. Meski tipis, kulit tidak mudah robek, atau kuat (alasan inilah yang menyebabkan ayam kampung butuh waktu yang lama untuk dimasak)
  5. Punya tulang yang panjang dank eras

Ayam Negeri

Berbeda dengan ayam kampung, yang punya bobot 1,5 kg dalam jangka waktu 30-an minggu, dengan bobot 1,5 kg tersebut dapat dialami oleh ayam negeri hanya dalam jangka waktu 5 hingga 7 minggu. Dari segi nutrisi sendiri, ayam ini punya nilai yang lebih tinggi ketimbang ayam kampung. Energinya ada sebesar 295 kkal, protein 37 gr, dan lemak sebesar 14,7 gr. Ayam jenis ini lebih baik dikukus, direbus, atau ditumis, jika ingin dikonsumsi. Kenapa? Karena jika digoreng, kandungan lemaknya akan semakin meningkat. Di bawah ini ciri-cirinya :

  1. Kulitnya tipis, jadi mudah sobek
  2. Warna dagingnya lebih cerah dibanding ayam kampung. Bahkan cenderung berwarna putih.
  3. Daging empuk dan kenyal
  4. Lebih gemuk disbanding dengan ayam kampung
  5. Kulitnya mengkilap, dengan banyak lemak di lapisan bawah kulit, teruama di sekitar ekor dan leher (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini