Wujudkan Bekasi Sadar Arsip Melalui Sarasehan oleh Bapusipda

Sarasehan Sadar Arsip Kota BekasiRAWALUMBU – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Kota Bekasi melakukan penelusuran arsip melalui sarasehan, yang diadakan di Hotel Merapi Merbabu, Rabu (11/05), untuk mewujudkan Kota Bekasi sadar arsip.

“Mengingat pentingnya arti sejarah bagi perjalanan bangsa dan generasi penerus, sudah selayaknya arsip sejarah Kota Bekasi dijadikan memori kolektif daerah yang bernilai tinggi. Agar generasi muda tidak melupakan sejarah bangsanya,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, dihadapan para peserta sarasehan saat memberikan sambutan.

Ia mengungkapkan, bahwa sampai saat ini, dalam umur Kota Bekasi yang telah menginjak usia 19 tahun, khasanah arsip mengenai sejarah kotanya belum tersentuh dalam penelusuran dan belum terhimpun, baik fisik maupun informasinya.

“Pastinya ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi tiap daerah apabila mengetahui sejarah yang memberi makna dan nilai-nilai historis yang ada,” ungkap dia.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Roy ini mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaan penelusuran sejarah harus didukung oleh data dan fakta yang terkandung dalam arsip.

“Ini merefleksikan bahwa Kota Bekasi ikut memberi warna dan corak dalam perjalanan bangsa dari masa ke masa,” ujarnya.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, narasumber dari arsip nasional RI, dan sejarawan.

Sementara itu, kepala Bapusipda Kota Bekasi, Nellyana Koesman, menegaskan bahwa kesempatan ini merupakan waktu yang tepat untuk Kota Bekasi melakukan perubahan dengan menelusuri sejarah yang ada.

“Kita rencanakan akan menyelesaikan penelusuran ini hingga akhir triwulan 3, atau lebih cepat, mengingat pentingnya arsip ini,” ujar dia kepada infobekasi.co.id disela acara.

Menurutnya, meskipun penelusuran ini baru dilakukan di usia Kota Bekasi yang ke-19 tahun, ini belum terlambat sama sekali.

“Tidak ada kata terlambat, yang penting kita memulai daripada tidak sama sekali,” tuturnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini