Penyelenggaraan Pilkada, KPU Kota Bekasi Usulkan Anggaran 68 Milyar Rupiah

Logo KPUBEKASI TIMUR – Nung Nurcholis, selaku sekretaris KPU Kota Bekasi, mengaku masih melakukan pengusulan dana Pilkada 2018 ke tingkat Kota Bekasi dan Gubernur Jawa Barat.

“Sekarang kita fokus untuk pelaksanaan Pilkada dan tahapan Pilkada 2018 dari Kota Bekasi. Untuk dana kegiatan Pilkada dan tahapanya, saya sudah usulkan 68 milyar rupiah. Asumsinya untuk sosialiasi dan kegiatan 2017 sebanyak 17 milyar rupiah, dan sisanya untuk tahapan, dan sampai pelaksanaan pilkada,” ujar Nurcholis, Jumat (13/05).

Karena pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi serentak dengan pemilihan gubernur, masih menurut Nurcholis, maka harus ada sharing pendanaan atau budgeting dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

“Harus ada dana dari provinsi Jawa Barat, karena pelaksanaanya sama dengan tujuh belas kota dan provinsi, termasuk Kota Bekasi. Sehingga jika ada biaya, harus ditanggung provinsi dan kota,” katanya.

Sosialiasi dengan masyarakat agar mengetahui tahapan Pilkada juga harus dilakukan, mengingat pelaksanaan Pilkada serentak kemungkinan ada yang berbeda.

“2018 ini sudah dekat, namun di Kota Bekasi masih belum ada kegiatan. Dulu 10 Maret 2015, pelaksanaan Pemilu, dan besok sekitar Juni 2018,” katanya lagi.

Komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo, mengatakan bahwa KPU Kota Bekasi sendiri saat ini fokus dalam pengkajian aturan Pilkada, serta pengajuan budget pelaksanaannya.

“Kegiatan kita sekarang ini ya menggelar rapat-rapat untuk bahas pendataan anggaran, pengusulan anggaran, dan mengkaji seluruh aturan teknis  (PKPU) Pilkada,” ujar Kanti.

Menurutnya, terkait masalah ketentuan Undang-Undang, dinilai masih sama dengan 2015, akan tetapi harus menunggu amandemen atau perubahan.

“Kalo bicara anggaran dari  provinsi untuk Pilgub, nunggu putusan gubernur, tentang biaya Pilkada dan Pilgub 2018. 2018 Juni pelaksanan Pilkada, tapi 6 Juni rancangan Pilkada itu akan dilakukan, kemungkinanya begitu,” katanya. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini