Gebyar Akbar, Masyarakat Tarumajaya Pamerkan Hasil Kegiatan Desa Bersemi

Acara AkbarTARUMAJAYA – Masyarakat Tarumajaya memamerkan hasil dari kegiatan Desa Bersih, Sehat, Mandiri (Bersemi) dalam acara Gebyar Akbar, yang diselenggarakan di halaman kantor Kecamatan Tarumajaya, Sabtu (28/05).

Hasil kegiatan Desa Bersemi 1“Ini merupakan program CSR dari PT Shell Indonesia yang telah berjalan lima bulan terakhir. Ini meliputi pengolahan sampah terpadu yang berbasis komunitas, dan diselenggarakan di dua desa, yaitu di Segara Makmur dan Pantai Makmur,” ujar LSC Manager Shell Indonesia, Alex Marpaung, saat ditemui usai acara.

Hasil kegiatan Desa Bersemi 2Alex menuturkan, bahwa ini merupakan upaya dalam membangun kapasitas masyarakat untuk lebih kreatif dalam memperbaiki kehidupan dengan melestarikan lingkungan.

“Program ini melatih para kader penggerak di dua desa untuk memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mengembangkan program Rumah Kompos, Bank Sampah, Model Pangan Lestari, dan Kelompok Industri Kreatif, yang dilatih langsung oleh Pusdakota,” jelasnya.

Hasil kegiatan Desa Bersemi 3Para kader yang telah berjumlah 60 orang ini nantinya diharap dapat membantu penyebaran program ini ke masyarakat yang lebih luas.

“Program desa bersemi ini menjadi bukti komitmen Shell untuk mendukung setiap upaya pengembangan masyarakat di manapun kegiatan operasi kami berada. Kami ingin program ini dapat terus dikembangkan ke desa-desa lainnya melalui kader-kader yang terus meningkat,” ujarnya.

Hasil kegiatan Desa Bersemi 4Sementara itu, Camat Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Dwy Sigit Adrian, mengatakan bahwa program Desa Bersemi menghasilkan dampak positif bagi masyarakat di dua desa yang berpartisipasi tersebut.

“Program ini sudah banyak membantu mengatasi masalah sampah di Kecamatan Tarumajaya. Kami harap kedepan akan lebih banyak lagi perusahaan di kawasan ini yang memiliki inisiatif seperti Shell dan Marunda Center untuk membantu kami dalam mengelola sampah secara kreatif dan terpadu, serta membangun kualitas hidup di masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Bupati Kabupaten Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, yang sekaligus membuka Gebyar Akbar Desa Bersemi.

“Ini tentunya akan menjadi program yang sangat baik untuk dicontoh masyarakat di kecamatan lain. Dimana akan menjadikan masyarakat lebih mandiri dan kreatif. Program ini juga sangat sesuai dengan visi Kabupaten Bekasi yang demokratis, produktif, dan memiliki daya saing dalam lingkungan masyarakat,” ujarnya.(Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini