Jelang Lebaran, Jalan Kh. Noer Ali Ramai Penjaja Jasa Tukar Uang Receh

penjual uang receh BEKASI SELATAN – Menjelang hari raya Idul Fitri, pemandangan menarik terlihat di sepanjang Jalan Kh. Noer Ali Kalimalang Bekasi Barat. Para penjual jasa penukaran uang receh sudah mulai banyak terlihat. Lina, salah satu penjaja jasa penukaran uang mengatakan, pada tiap tahunnya dirinya selalu menawarkan uang receh di pinggir jalan.

“Tiap tahun menjelang Lebaran memang biasa seperti ini, buka jasa penukaran uang receh. Kebanyakan para pengendara yang tukar uangnya dengan uang pecahan recehan,” kata Lina, Senin (20/06).

Lina menambahkan, dirinya dapat meraup untung sebesar Rp 10.000 dari setiap uang Rp 100.000 yang ditukar dengan uang receh.

“Ya ada untungnya, misalnya tukar 100 ribuan, nanti bisa dapat 90 ribu dalam bentuk recehan, nah saya dapat untung sepuluh ribu,” kata Lina.

Sementara di tempat yang berbeda, Iptu Evi Fatna, Kasubbag humas Polresta Kota Bekasi, mengimbau agar masyarakat tetap teliti dalam menukarkan uang, serta mencari tempat yang resmi agar terjamin keamanannya.

“Kami selaku pihak keamanan, mengimbau agar masyarakat menukarkan uang di tempat yang resmi, yaitu di bank. Namun jika memang harus terpaksa menukarkan di pinggir jalan, lebih baik diteliti lagi, karena dijasa penukaran yang ada di pinggir jalan, tidak ada alat pengujinya,” ujar Iptu Evi Fatma.

Pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menukar uang, karena banyak para pelaku pengedar uang palsu memanfaatkan momen menjelang Lebaran untuk mengedarkan uang palsu.

“Jadi antisipasi peredaran uang palsu dari pihak kepolisian, sudah mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam bertransaksi,” kata dirinya.

Ia juga mengatakan, kedepannya pihak Kepolisian akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan keaslian uang di tempat jasa penukaran uang pinggir jalan, demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Iya, tentu pada kedepannya kami akan lakukan pengecekan di lapangan. Ini semua sebagai bentuk antisipasi kami selaku Kepolisian, dan juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, baik pemilik jasa penukaran uang, maupun konsumen yang menukarkan uang,” ujar Evi. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini