Cara-Cara Agar Anda Bisa Bersikap dengan Tegas

Ilustrasi Bertindak TegasMemiliki sifat sulit untuk mengatakan Tidak terhadap berbagai situasi, memang menyulitkan. Bahkan orang yang seperti ini bisa dianggap remeh oleh orang lain, karena dianggap “mudah”. Maka dari itu, jika anda memiliki sifat ini, anda harus bisa lebih tegas.

Mario Teguh pun, dalam situs www.jombloku.com, mengatakan bahwa seseorang yang sulit untuk mengatakan Tidak, sebenarnya sedang berlaku tidak tegas pada diri sendiri, ini akan menyiksa dan akan membuat penyesalan. Bahkan, apakah orang yang telah ditolong itu akan berbalik menolong?

Engkau yang tidak tegaan, sulit mengatakan tidak, dan tersiksa jika harus menolak yang tidak baik, sebetulnya sedang berlaku tidak tegas bagi kebaikanmu sendiri, yang akan menyiksamu dalam penyesalan. Karena, Tidak sampai hati menolak yang tidak baik, sama dengan sampai hati merusak hidupmu sendiri. Dan jika engkau sampai gagal, apakah mereka akan menolongmu? Ini hidupmu, Tegaslah! Katakan tidak!

Nah, yang jadi masalah adalah, terkadang sikap tegas yang dilakukan akan membuat orang jadi salah paham. Mereka akan menganggap bahwa orang yang tegas justru bersikap kasar. Bagaimana caranya supaya anda bisa bersikap tegas tanpa terkesan kasar? Berikut cara-caranya seperti yang dilansir dari id.wikihow.com :

Jangan Minta Maaf karena Menyampaikan Pendapat atau Keinginan Anda

Jika anda menyampaikan pendapat atau keinginan, seharusnya anda tidak perlu mengatakan hal tersebut dengan embel-embel “Maaf sebelumnya bla bla bla bla…”. Karena tidak ada yang salah dengan pendapat dan keinginan anda bukan? Kata maaf seharusnya anda ucapkan jika anda punya salah dengan seseorang, bukan ketika anda menyampaikan pendapat atau menyampaikan keinginan.

Terapkan Komunikasi Nonverbal yang Tegas

Sesungguhnya bahasa yang dimiliki oleh manusia itu ada dua, pertama bahasa verbal, yang kedua bahasa tubuh. Jadi ketika anda mulai belajar untuk berbicara dengan tegas, anda juga harus belajar untuk mengatur bahasa tubuh anda. Caranya adalah dengan menjaga kontak mata dengan lawan bicara, berdiri atau duduk dengan postur yang baik, berbicara dengan volume dan nada suara yang sesuai, dan menampilkan sikap tubuh rileks dan tenang.

Berikan Penghargaan Kepada Lawan Bicara

Berbicara dan bertindak dengan tegas bukan berarti anda harus yang mendominasi dalam komunikasi. Anda harus ingat bahwa lawan bicara juga memberikan kontribusinya dalam percakapan.

Terapkan Teknik Pengaburan

Jika anda terlibat dalam sebuah diskusi, pasti tiap orang akan berusaha untuk mempertahankan pendapatnya, sehingga ia akan merasa bahwa pendapatnya sendirilah yang paling benar. Dan tipe orang yang seperti ini biasanya akan menyudutkan pendapat yang lainnya. Tindakan yang harus anda lakukan ialah, mengatakan bahwa pendapatnya memang benar.

Meskipun ia punya alasan untuk berbicara mengenai hal yang ia pertahankan, namun jika anda yakin juga mengenai pendapat anda, maka yakinkan diri anda, jangan kemudian menyerah begitu saja dengan mengubah pikiran anda. Tapi anda harus tetap ingat, kaburkan pendapat anda yang bersebrangan dengan kawan anda dengan kata “Mungkin kamu benar”

 Gunakan Kata Aku

Teknik yang satu ini paling umum diajarkan oleh banyak pelatihan ketegasan. Cara ini berhasil karena berfokus pada apa yang Anda butuhkan tanpa menyudutkan lawan bicara. Anda memberinya kesempatan untuk berpikir, merasa, dan melakukan apa yang terbaik untuknya.

  • Menggunakan pernyataan “aku” adalah teknik ketegasan, bukan sikap kasar, karena Anda bertanggung jawab atas perasaan Anda. Anda tidak menyalahkan lawan bicara. Pernyataan “aku” adalah cara yang baik untuk membuka komunikasi sehingga masalah yang ada dapat diselesaikan.
  • Contoh pernyataan “aku”: “Aku merasa marah kalau kamu menggunakan sarkasme”, “Aku merasa diremehkan bila kamu mengutamakan keinginanmu sendiri”, atau “Aku sakit hati bila kamu bicara padaku seperti itu”. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini