Cegah Anak Menjadi Pemberontak

Anak yang pemberontakMemberikan kepercayaan kepada anak merupakan suatu yang perlu untuk dilakukan, untuk mencegah terjadinya pemberontakan kepada orangtua. Hal ini dikatakan oleh pakar Sosial Kemasyarakatan dari Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat, Prof. Dr. Damsar, MA.

Jika anak tidak dipercaya, maka ia akan merasa terkekang dengan apa yang akan dikerjakannya oleh aturan-aturan anda, dan hal ini akan menumbuhkan hal yang negatif. Ia akan dapat dengan mudah melanggar norma-norma dan aturan yang berlaku.

Ia menyebutkan biasanya perilaku negatif anak lebih dipengaruhi oleh kelompok bermain mereka, di sini kecerdasaan anak dalam memilih teman bergaul juga harus diawasi.

“Hal-hal seperti ini tentunya harus diawasi oleh pihak keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat,” ujarnya melalui Liputan6.com.

Damsar mengatakan bahwa anak usia SMP dan SMA merupakan usia yang rentan terhadap perilaku yang negatif, karena saat-saat itulah seorang anak ingin diakui eksistensinya di haadapan teman-temannya yang lain.

Waktu-waktu itulah yang justru sangat penting untuk memberikan kepercayaan kepada anak, dan hal ini juga harus dilakukan melalui komunikasi dua arah. Supaya batasannya menjadi jelas, dan ada saling keterbukaan antara anak dan orangtua.

Selain memberikan kepercayaan kepada anak, untuk menjadikan anak tidak menjadi pemberontak adalah, jangan menjadi orangtua yang otoriter. Anak juga punya hak untuk melakukan hal yang dikehendakinya. Maka hormatilah ia sebagaimana orang yang sudah besar.

Para orangtua juga terkadang suka memaksakan kehendak kepada anaknya. Dan semua orang juga tidak suka bukan jika dipaksakan? Misalnya menyuruh anak untuk membeli kecap di warung dengan segera, sedang anda melihat bahwa ia sedang sibuk melakukan sesuatu, sehingga permintaan anda ditolak olehnya. Baiknya jangan anda paksakan, selama anda bisa membeli sendiri, atau menyuruh yang lain, suruhlah yang lain. Kecuali jika anak sedang tidak sibuk mengerjakan sesuatu hal.

Punya hubungan yang dekat dengan anak merupakan salah satu resep yang paling mujarab, supaya anak anda tidak menjadi pemberontak. Meski hal yang lain juga penting, namun jika anak sudah dekat dengan orangtuanya, maka ia pasti akan sungkan ketika ingin memberontak. Jadi, mulailah membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak anda.

Jika semua hal sudah anda lakukan, dan anak anda masih menunjukkan hal-hal yang mengarah ke pemberontakan, maka anda tetap wajib untuk menegurnya. Hal ini harus anda perhatikan, karena memberikan teguran kepada anak juga jangan dengan cara yang kasar. Jika kasar, maka jangan heran, anak anda akan semakin memberontak. Tegurlah ia dengan halus dan tutur kata yang lembut. Jika anda merasa marah, wajar saja, tapi demi karakter yang baik untuk anak anda, anda harus bisa mengalah. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini